Ilustrasi NPWP.*
Ilustrasi NPWP.*

Pembuatan NPWP di KPP Pratama Serang Dikeluhkan

SERANG, TOPmedia - Pemerintah saat ini tengah menggemborkan masyarakat yang memiliki penghasilan untuk membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Namun, hal tersebut tak didukung dengan fasilitas pelayanannya. Pelayanan pajak di Kota Serang misalnya, akhir-akhir ini banyak dikeluhkan warga.

Yuda Pratama (23), warga Kota Serang mengaku sudah hampir dua minggu tidak selesai untuk mengurus pembuatan cetak ulang NPWP badan karena antreannya selalu panjang dan sering offline.

"Sudah dua minggu saya gak selesai ngurusin cetak ulang NPWP, selain antrean panjang, anehnya ketika saat datang ke kantor Pajak Pratama Kota Serang ini, jam 8 pagi aja pelayanan pembuatan NPWP sudah tutup," tutur Yuda, Selasa (09/08/2016).

Padahal menurut Yuda, harusnya KPP Kota Serang menyediakan pelayanan pembuatan NPWP dengan online, sehingga tidak harus lama-lama mengantre di KPP hanya untuk sekedar mengisi formulir.

"Nomor NPWP nya belum terdaftar di kami mas, masih harus singkronkan," jawab salah satu petugas di desk NPWP KPP Pratama Serang, diceritakan ulang Yuda kepada wartawan TOPmedia.

Bagi Yuda, jawaban tersebut tentu saja aneh, karena NPWP tersebut sebelumnya dibuat di KPP Serang, tapi saat mau diajukan cetak ulang jawabannya tidak terdaftar.

"Mereka kan yang buat NPWP, tapi kok NPWP perusahaan saya tidak terdaftar, itu kan aneh," ungkap Yuda.

Menurut Yuda, antrean tersebut pasti akan terus terjadi karena jumlah desk pelayanan yang disediakan hanya ada dua, sementara jumlah pembuat NPWP setiap harinya mencapai ratusan orang.

Menanggapi adanya keluhan tersebut, Kepala KPP Pratama Serang Afga Sidik Tasauri mengatakan, bahwa untuk pembuatan NPWP setiap harinya dibatasi sampai 300 orang, karena proses pembuatan NPWP membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Tenaga dan sistem serta animo masyarakat untuk mendapatkan NPWP tidak tercukupi oleh kapasitas serta waktu yang tersedia setiap harinya. Sehingga memang benar pelayanan kami tutup jika sudah mencapai 300 orang yang mengajukan buat NPWP," ungkap Afga.

Dijelaskan Afga, pada tahun 2017 memang sudah waktunya KPP Pratama Serang bertambah menjadi dua, yakni menjadi KPP Serang dan KPP Pratama Serang Timur karena saat ini pelayanan sudah lewat. (TM-1/Red)

berita terkait

Komentar