Ketua Komisi lII DPRD Banten, Gembong R Sumedi. (Foto: TOPmedia)
Ketua Komisi lII DPRD Banten, Gembong R Sumedi. (Foto: TOPmedia)

Pembentukan Direksi Komisaris BUMD Agrobisnis Banten Dinilai Lambat

SERANG, TOPmedia - Pembentukan direksi dan komisaris BUMD Agrobisnis milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dinilai lambat. Sebelum Peraturan Daerah (Perda) penyertaan modal BUMD Agrobisnis dibuatkan, seharusnya direksi dan komisaris perusahaan milik Pemprov Banten sudah dibentuk.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi lII DPRD Banten, Gembong R Sumedi, saat kunjungan Panitia khusus Pembentukan Perda Penyertaan modal BUMD Agrobisnis Banten di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Kata dia, jika berkaca dari daerah tersebut yang lebih dulu memiliki perusahaan BUMD Agrobisnis, seharusnya pembentukan direksi dan komisaris BUMD Agrobisnis Banten bisa lebih dulu dibentuk, sebelum Perda Penyertaan modalnya dibuatkan.

Dengan begitu, kata Gembong, jajaran direksi dan komisaris PT BUMD Agrobisnis Banten ini diharapkan bisa lebih memahami dengan kondisi didalamnya, mulai dari saat pembentukannya, hingga pelaksanaannya kedepan nanti, dalam upaya pemerintah daerag untuk menjaga harga-harga dari para petani kedepan nantinya.

"Memang kemarin itu yang sempat dipermasalahkan soal Direksi dan Komisaris. Logikanya kata mereka harusnya sudah ada dulu orang-orangnya," kata Gembong, Kamis (13/2/2020).

Akibat direksi dan komisaris PT BUMD Agrobisnis Banten ini belum terbentuk, menimbulkan pertanyaan baru, apakah nantinya direksi dan komisaris BUMD Agrobisnis yang akan menjabat bisa menjalankan  program yang akan dibuatkan, setelah nantinya Perda penyertaan modal kepada BUMD Agrobisnis ini rapung dibuatkan, untuk selanjutnya agar bisa membiayai seluruh kegiatan dan operasion BUMD Agrobisnis nanti, karena pelantikannya dilakukan ditengah jalan.

"Makanya itu, salah satu rekomendasi yang diberikan oleh Pansus kepada Pemprov agar bisa menyegerakan direksi dan komisaris ini," katanya.

Pihaknya berharap, bulan Maret nanti, direksi dan komisaris BUMD Agrobisnis bisa terbentuk, seperti yang pernah dijanjikan oleh Sekda Banten, Al Muktabar, jika pembentukan komisaris dan direksi BUMD Agrobisnis Banten ditargetkan rampung dibentuk pada Akhir bulan Februari ini, maksimal Maret yang akan datang.

Dengan lebih dulu dibentuknya direksi dan komisaris BUMD Agrobisnis Banten, diharapkan pucuk pimpinan diperusahaan plat merah tersebut bisa lebih menjiwai mulai dari pembentukan Perda Penyertaan modalnya hingga side pland kedepan yang akan dijalankan.

Pada sisi lain, pihanya mengaku tidak ingin terburu, sambil melihat keseriusan Pemprov Banten dalam menentukan Direksi dan Komisaris BUMD Agrobisnis.

"Optimis untuk dilanjutkan, tapi kita tidak ingin buru-buru, melihat keseriusan dari Pemprov," tandasnya. (TM2/Red)

berita terkait

Komentar