Uday Suhada. (foto:Net)
Uday Suhada. (foto:Net)

Peluang Penantang Incumbent di Pilkada 2020 Kabupaten Serang Semakin Terbuka

SERANG,TOPmedia - Ratu Tatu Chasanah dan Panji Tirtayasa kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang 2020. Kepastian tersebut terlihat setelah keduanya mendaftarkan diri ke PDI P Kabupaten Serang. Bahkan Partai Golkar tempat Tatu bernaung yang memiliki 9 kursi dan Partai Hanura yang memiliki 1 kursi sudah menyatakan sikap mendukung kembali Ratu Tatu Chasanah di Pilkada Kabupaten Serang 2020. Meski belum dipastikan apakah Tatu akan kembali berpasangan atau pisah kongsi dengan Panji Tirtayasa.

Majunya incumbent dalam Pilkada selalu mengundang reaksi bagi partai politik dan figur-figur yang akan menjadi 'penantang' terutama para kalangan putra daerah yang merasa memiliki keinginan untuk menjadi orang nomor satu dan dua di Kabupaten Serang.

Menanggapi potensi kemenangan incumbent dalam Pilkada, Direktur Konsultan Politik UsPolitica, Uday Suhada, menilai, incumben didalam Pilkada merupakan hal biasa dan tak ada yang istimewa dan harus ditakuti. Selalu terbuka lebar kesempatan menang bagi penantang untuk menumbangkannya. Asalkan penantang incumbent segera melakukan kerja-kerja politik. 

"Sejauh ini untuk di Kabupaten Serang, saya belum melihat ada figur yang sudah melakukan kerja-kerja politik yang konkrit di level akar rumput. Semuanya masih berkutat pada komunikasi politik di kalangan elit, mencari perahu. Padahal DPP Parpol yang akan memutuskan siapa calon yang akan diusung Parpol," ujar Uday, Selasa (08/09).

Borong Parpol yang biasa dilakukan oleh incumbent, pada Pilkada 2020 di Kabupaten Serang menurut Uday tidak akan terjadi lagi seperti sebelumnya. Selain tidak mudah, munculnya statement Ketua DPD Gerindra Banten Desmon Mahesa berkali-kali di media, bahwa Gerindra di Kabupaten Serang dan Pandeglang besar kemungkinan tidak akan bergabung dengan incumben juga menjadi pertimbangan.

"Pasti Sikap seperti ketua DPD Gerindra Banten itu ada dasarnya. Setidaknya Gerindra melihat bahwa empat tahun terakhir daerah tersebut tidak mengalami perbaikan yang signifikan. Karena itu, menurut saya, sikap inklusive figur penantang di luar kader internal partai untuk diusung partainya, ini patut diapresiasi," tutup Uday.

Selain Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Serang juga menegaskan untuk Pilkada Kabupaten Serang, Cilegon dan Kota Tangsel akan mencari calon alternatif di luar incumbent (Petahana). Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua DPP PAN Yandri Susanto beberapa waktu lalu di media. (TM-1/Red)

berita terkait

Komentar