Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi usai melakukan peletakan batu pertama di Pelabuhan Warnasari, Selasa (02/12/2020).
Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi usai melakukan peletakan batu pertama di Pelabuhan Warnasari, Selasa (02/12/2020).

Pelabuhan Warnasari Akhirnya Mulai Dibangun Tahun Ini

CILEGON,TOPmedia – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akhirnya melakukan  ground breaking (peletakan batu pertama) fasilitas pergudangan Pelabuhan Warnasari. Hal tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Cilegon Edi Ariadi pada hari Rabu (2/12/2020).

Diketahui, Pelabuhan Warnasari bakal dibangun oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Cilegon yang bergerak di bidang pengelolaan jasa kepelabuhanan dan pemanduan kapal.

PT PCM yang telah memiliki izin Badan Usaha Pelabuhan (BUP) melalui keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 270 tahun 2012, akan membangun pelabuhan diatas lahan seluas 45 hektar milik Pemkot Cilegon.

"Untuk tahap pertama, PCM akan membangun fasilitas pergudangan yang terdiri dari gudang tertutup untuk kargo curah kering, tank storage untuk kargo curah cair dan lapangan terbuka untuk general kargo," Kata Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi usai melakukan peletakan batu pertama di Pelabuhan Warnasari, Selasa (02/12/2020).

Lanjut Edi, pada tahap pertama gudang yang akan dibangun tersebut nantinya akan memuat total kapasitas kurang lebih 5 juta ton pertahun.

"Lima hektar (untuk tahap) yang pertama, ini kan sisi darat yang dikelola kita nanti 35 heķtar. Jadi nanti pelabuhan kita itu hampir kaya pelabuhan umum," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT PCM, Arief Madawi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Warnasari dengan total volume barang yang akan dilayani sekitar 25 juta ton pertahun tersebut, akan dibangun dalam 3 tahap.

Ia juga mengungkapkan, sebagai upaya realisasi rencana strategis pembangunan dan pengelolaan terminal warnasari, PCM menjalin kerjasama dengan mitra kerja yang bertindak sebagai investor dan pemilik barang yang akan dibongkar/muat dan sekaligus mitra untuk mengoperasikan terminal warnasari, yakni PT Tirtasari Prima Terminal (TPT).

"Kami berharap dengan dukungan semua pihak, pembangunan dapat berjalan lancar dan memberi manfaat bagi semua pihak. Terutama untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan kegiatam perekonomian di Kota Cilegon," ujarnya.

Ditempat yang sama, Direktur Komersial PT TPT, Nasution menambahkan, secara teknis proses pembangunan tahap awal pergudangan di Pelabuhan Warnasari tersebut diprediksi akan selesai dalam 6 bulan kedepan.

"Kira-kira bisa enam bulan lah," singkatnya. (Firasat/Red) 

berita terkait

Komentar