Deklarasi Koalisi PPP dan PDIP. (Foto: TOPmedia)
Deklarasi Koalisi PPP dan PDIP. (Foto: TOPmedia)

PDIP dan PPP Resmi Deklarasi Koalisi di Pilgub 2017

SERANG, TOPmedia - Ratusan Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akhirnya mendeklarasikan diri untuk berkoalisi menjelang Pilgub 2017 mendatang. Deklarasi dilaksanakan di hotel Le Dian, Kota Serang, Jumat (02/09/2016)

Di luar hotel Le Dian, ratusan massa simpatisan PDIP dan PPP nampak memadati ruangan parkir kendaraan menantikan berjalannya deklarasi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) dari DPP PPP, Mardiono, dalam sambutannya mengatakan, Koalisi ini terbangun atas dasar mengungkap kembali sejarah kelam, dimana Gubernur Banten pertama saat itu, Djoko Munandar, dikriminalisasi oleh wakilnya saat itu, Ratu Atut Chosiyah dengan kasus rumah dinas.

Bahkan, saat melakukan banding ke Mahkamah Agung, Djoko Munandar tidak terbukti bersalah. Namun sampai meninggal dunia, tak pernah dilakukan pemulihan nama baik oleh Pemprov Banten di bawah kepemimpinan 'Bhayangkara 51'.

"Saat Banten definitif, pertama kali yang ditunjuk menjadi gubernur dari PPP. Dalam perjalannya tidak mulus, sejarah mencatat itu, PPP selalu meneteskan air mata. PPP bersama PDIP sama-sama berjuang mengembalikkan kejayaan Banten di masa lalu," kata Mardiono,  Banten, Jumat (02/09/2016).

Koalisi yang baru di ikuti dua partai berwarna Merah dan Hijau dinamakan sebagai 'Koalisi Semangka' ini juga berhasil mengumpulkan 23 kursi legislatif. Dimana, PDIP memilik 15 kursi, sedangkan PPP memilik 8 kursi legislatif.

"Saya setuju koalisi semangka, karena ijo nya diluar, yang kecil menutupi yang besar. Begitu dibuka, merahnya keluar, isinya merah semua," tegasnya.

Sedangkan dari PDIP menyebutkan koalisi ini juga dapat terjadi karena pernah sama-sama berjuang melawan rezim Orde Baru dibawah bayang-bayang Partai Golkar yang berkuasa selama 32 tahun.

"Kita bersama, PDIP-PPP telah teruji puluhan tahun melawan orde baru. Kalau dilihat data Bappenas, Banten ini provinsi terkorup, termiskin, terpragmatis. Kita (koalisi) dikit aja asal solid, ketika kita solid, setengah dari kemenangan," ujar Ribka Tjiptaning, Ketua DPP PDIP, saat ditemui ditempat yang sama, Jumat (02/09/2016).

Namun 'Koalisi Semangka' ini belum juga mendeklarasikan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten yang akan berkontestasi pada 2017 mendatang.

"Hari ini kita masih deklarasi koalisi partai. Banten harus kita rebut, karena dekat dengan Jakarta. Dulu kita bikin (koalisi) Mega-Bintang. Jadi ini terulang kembali, merah-hijau. Merah-hijau ini seperti semangka, buah segar yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi," tegasnya. (TM-1/red)

berita terkait

Komentar