Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Pasutri Bertengkar karena Masalah Keuangan? Redakan seperti Ini

TOPmedia - Selama ini masalah keuangan rumah tangga selalu tentang seputar kurangnya biaya operasional sehari-hari. Pendapatan suami seolah tidak pernah cukup. Namun sayangnya, meski istri bekerja dan memiliki gaji, ini bisa menjadi masalah besar juga.

Hal itu diungkap Psikolog Klinis, Veronica Adesla ketika berbincang dengan Okezone, beberapa waktu lalu. Menurutnya, masalah keuangan rumah tangga itu kompleks. Tidak ada yang mutlak dari suami atau istri saja.

“Sebagian orang berpikir, idealnya kalau gaji istri untuk dia seorang, sementara suami harus bertanggung jawab penuh atas kebutuhan rumah tangga. Tapi, itu juga ada suami yang tidak mau menanggung sendiri karena merasa istrinya juga punya penghasilan,” ungkap Veronica.

Kalau suami-istri bekerja dan punya penghasilan sendiri-sendiri tetapi masih ribut soal uang, bagaimana? Psikolog tamatan Universitas Tarumanegera ini punya solusi, yang mungkin bisa diterapkan pasangan suami-istri di rumah.

“Buat aturan jelas tentang apa yang diinginkan masing-masing. Sepakati itu tanpa ada yang merasa dirugikan. Misalnya, kalau suami ingin istri juga berkontribusi untuk biaya rumah tangga dan istri bersedia, maka bagi-bagi tugas saja,” sambungnya.

Suami bertanggung jawab untuk kebutuhan pokok sehari-hari, dan membayar semua tagihan rumah tangga, seperti listrik, air, dan internet. Sementara, membayar uang sekolah anak. Atau bisa juga sebaliknya.

“Kesepakatan lain bisa juga dengan suami menanggung biaya sekolah anak dan kebutuhan rumah tangga. Nah, soal pengeluaran untuk memberi uang pada orangtua atau keluarga itu urusan istri. Jadi tak ada lagi keributan atau gap antara suami-istri soal uang,” pungkasnya.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar