Ilustrasi ngorok. (Foto: Net)
Ilustrasi ngorok. (Foto: Net)

Pasangan Sering Ngorok? Hentikan dengan 4 Cara Ini

TOPmedia - Menyenggol tubuh saat ia mengorok kadang kala dilakukan saat sudah sebal dengan suara mengorok pasangan. Menurut dokter yang mendalami tidur, Shawn Stevenson, seberapa banyak menyenggolnya tak akan membuat pasangan berhenti mengorok.

Hal yang bisa dilakukan yakni dengan mengubah beberapa kebiasaan yang memicu terjadi mengorok. "Mengorok tidak akan terjadi bila melakukan solusi nyata," kata Shawn yang juga penulis buku Sleep Smarter. Berikut tips dari Shawn dalam mengurangi dengkuran.

1. Jalani gaya hidup sehat

"Penyebab mengorok berbeda-beda pada setiap orang, namun pada sebagian besar kasus kelebihan berat badan dan terlalu banyak lemak di tubuh. Kondisi tersebut membuat jalur napas jadi kurang baik saat sedang tidur," kata Shawn.

Menurunkan berat badan secara sehat dan perlahan serta menurunkan kadar lemak tubuh merupakan salah satu cara menghentikan dengkur.

2. Minum banyak air

Pastikan sepanjang hari orang yang sering mendengkur tetap terhidrasi. Lalu, sebelum tidur konsumsi air untuk meringankan kekeringan di tenggorokan.

3. Hindari makan sebelum tidur

Ingatkan orang yang suka mengorok agar tak makan malam mendekati jam tidur. Shawn mengingatkan juga untuk menghindari makanan dingin dan produk olahan susu. Makanan-makanan tersebut cenderung membuat banyak lendir sehingga menutup jalur pernapasan.

4. Posisi tidur terbaik

Arahkan pasangan untuk tidur dengan posisi yang tepat. Menurut Shawn, bila tidur menyamping cenderung lebih sedikit mengorok dibandingkan tidur telentang dan tengkurap.

 

 

 

Sumber: www.liputan6.com

berita terkait

Komentar