Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Orang Sukses Melakukan 5 Hal Ini Sebelum Sarapan Pagi

TOPmedia - Mengikuti kebiasaan orang sukses agar menjadi sukses juga mungkin sudah dilakukan banyak orang. Namun, kebanyakan dari mereka hanya meniru trik berbisnis atau segala kebiasaannya di kantor. Mulai dari langkah awal mereka membangun bisnis, melayani para pekerjanya, sampai cara bangkit saat mereka mengalami kegagalan.

Mereka lupa, bahwa kebiasaan yang dilakukan di rumah juga bisa mempengaruhi sikap dan pemikiran seseorang. Bukan hanya meniru gaya berbisnisnya saja, tapi ikutinlah kebiasaan baik yang sering dilakukan oleh orang-orang sukses. Salah satunya ialah dengan mengetahui yang biasa orang sukses lakukan sebelum sarapan pagi.

Bangun Lebih Awal

Pagi hari adalah waktu yang paling cocok untuk memulai aktivitas. Awali pagi Anda dengan menyempatkan untuk melakukan “me time”, walau hanya sekedar membaca buku atau menenangkan pikiran. Sebab, suasana sunyi dan tenang di pagi hari mambuat pikiran Anda menjadi lebih segar untuk menemukan ide-ide baru.

Tetapi, kalau Anda berangkat ke kantor pada pagi hari, itu artinya Anda tidak memiliki waktu luang untuk “me time”. Oleh karena itu, bangun lebih awal dari waktu bangun Anda sebelum pergi ke kantor. Sisihkan waktu di pagi hari untuk menenangkan diri Anda. Sebuah survey menunjukkan bahwa 90% orang sukses bangun sebelum pukul 06.00 pada hari kerja. Misalnya, CEO PepsiCo dan CEO Disney, masing-masing dari mereka bangun pada pukul 04.00 dan pukul 04.30.

Memiliki Tujuan Atas Apa yang Akan Dilakukan Hari Ini

Sebelum Anda sarapan dan berangkat ke kantor, buat dulu daftar tentang apa saja yang akan dilakukan. Tak hanya sekedar menulis, berilah target waktu bahwa semua hal yang Anda tulis akan tercapai. Sehingga Anda akan semakin bersemangat untuk menjalani hari. Contohnya, CEO dari mySrviceForce juga melakukan hal ini karena bisa membuatnya menjadi lebih bersemangat dan puas.

Di akhir waktu pada hari tersebut, lihat lagi target yang telah Anda tulis pada pagi hari. Sudahkah terlaksana semuanya? Hal tersebut harus menjadi sesuatu yang membuat Anda tidak merasa rugi saat menjalani satu hari tersebut. Karena ada banyak pencapaian yang dihabisakan dalam waktu singkta. Tentunya dengan niat dan tekad yang kuat untuk menjalani hari yang lebih produktif.

Membaca Berita

Sebelum menjalani rutinitas yang padat, orang sukses biasanya akan mencari informasi terkini melalui berita. Bisa dengan membaca koran, menonton berita di televisi, atau membaca berita melalui telepon pintar. Sebab, orang sukses tidak pernah cuek terhadap apapun yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Selain itu, wawasan dan pengetahuan mereka juga akan bertambah.

Membaca berita setiap pagi sebelum sarapan dan melakukan aktivitas sehari-hari juga dilakukan oleh dua CEO ini, yaotu CEO dari GE dan CEO Virgin America. Masing-masing dari mereka membaca koran atau menonton berita di televisi. Tujuannya agar mereka tahu informasi yang teraktual dan terkini.

Melakukan Meditasi untuk Menenangkan Pikiran

Meditasi di pagi hari sebelum sarapan dipercaya ampuh untuk menenangkan pikiran.  Selain meditasi, berdoa pun bisa menenangkan pikiran Anda ketika sulit memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan kesuksesan pencapaian sebuah target. Apabila pikiran tenang, maka keputusan yang diambil pun akan lebih tepat dan siap untuk menanggung segala konsekuensinya.

Orang-orang sukses biasanya akan memaksakan suatu kehendak demi pencapaian sebuah target. Memikirkan hal seperti ini tentunya akan membuat pikiran sedikit kacau. Banyak hal yang mereka pikirkan sedangkan banyak pula target yang harus dicapai. Sehingga, mereka memerlukan cara untuk mengurangi kerumitan pikiran mereka.

Mengobrol Dengan Pasangan

Pagi hari adalah waktu yang baik untuk saling bertukar cerita dengan pasangan. Apalagi kalau Anda terlalu sibuk di kantor hingga pulang larut malam. Karena pada saat malam hari, Anda sudah terlalu lelah dengan pekerjaan di kantor, sehingga membuat obrolan menjadi kurang mengalir. Sebab, pikiran Anda belum fresh karena masih terbawa dengan suasan kantor yang membuat Anda pusing.

Itu sebabnya orang sukses selalu menyempatkan waktu sebelum sarapan pagi untuk mengobrol dan menjalin hubungan yang erat dan terbuka dengan pasangan. Karena walau sesibuk apapun, pasangan adalah seseorang yang sangat Anda cintai dan tidak boleh dinomorduakan dengan kesibukan lain, apalagi yang menyangkut dangan pekerjaan.

Jadi, itulah beberapa hal yang dilakukan orang sukses sebelum sarapan pagi. Karena waktu 24 jam dalam sehari akan terasa singkat jika terlalu fokus saat menjalani aktivitas. Maka, hanya di pagi hari lah waktu yang tepat untuk memperhatikan hal yang bersifat pribadi.

 

 

Dikutip dari berbagai sumber.*

berita terkait

Komentar