Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas) Busairi
Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas) Busairi

Open Bidding Sekda, Hamas Dukung Wali Kota Serang Tidak Gunakan Hak Preogratif

SERANG, TOPmedia - Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas) Busairi menilai pelaksanaan open bidding Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang harus mengedepankan kualitas para calon Sekda Kota Serang.

"Sekretaris Daerah memiliki tugas dan fungsi yang sangat luar biasa, salah satunya memiliki peran penting dalam pembangun daerah. Maka harus dikedepankan kualitasnya, baik di lihat dari track record dan hasil penilaian yang dilakukan oleh panitia seleksi," kata Ketua Hamas, Busairi kepada wartawan di Kota Serang, Sabtu (7/11/2020).

Busairi mengaku mendukung pernyataan Wali Kota Serang, Syafrudin, yang tidak akan menggunakan hak preogratifnya. Menurut Busairi sudah tepat untuk tidak menggunakan hak preogratif meskipun di dalam undang - undang pihaknya memiliki hak preogratif untuk memilih Sekda dari hasil tiga nilai tertinggi.

"Saya sangat mengapresiasi keputusan Wali Kota Serang untuk tidak menggunakan hak preogratifnya, akan tetapi mengedepan aturan yang berlaku dalam open bidding tersebut," imbuhnya.

Dalam open bidding tersebut, sambung Busairi, panitia seleksi (Pansel) harus mengedepankan penilaian yang objektif dan transparan agar dapat melahirkan Sekda Kota Serang yang berkualitas.

"Pansel sudah di tentukan, saya harap pansel dapat bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan mengedepan penilaian yang objektif, netralitas serta transparan. Karena hasil penilian tersebut akan menentukan Sekda yang benar-benar berkualitas," ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Busairi, jangan sampai open bidding ini tercoreng karena tidak adanya transparansi terhadap tahapan baik dari tahapan awal sampai tahapan akhir. 

 

"Jangan sampai hal ini tercoreng karena tidak adanya transparansi tahapan-tahapan yang dilakukan dalam open bidding ini, karena masyarakat Kota Serang harus mengetahui hal tersebut," ujarnya.

Pihaknya juga berharap siapa pun yang akan terpilih menjadi Sekda Kota Serang agar dapat menjadikan Kota Serang yang lebih baik lagi.

"Saya harap semua calon Sekda Kota Serang dapat bersaing dengan baik dan objektif, siapa pun yang akan terpilih saya harap dapat menjadikan Kota Serang yang lebih baik kedepannya sesuai dengan selogannya yaitu Madani," tandasnya.(Adi/Red)

berita terkait

Komentar