Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

Olahraga Sedari Muda, Ini Manfaat yang Bakal Terasa Saat Masuk Usia 40-an

TOPmedia - Banyak yang menganggap olahraga sebagai solusi untuk semua kesehatan mereka, bahkan yang terkait dengan proses penuaan. Tentu saja tidak ada yang bisa menghentikan bertambahnya usia, tapi efek buruknya bagi kesehatan bisa dicegah.

Ada banyak bukti yang mengunggapkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan harapan hidup dengan membatasi perkembangan penyakit kronis.

Berikut ini, berbagai manfaat rutin olahraga sejak usia muda.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular atau 31 persen dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Lebig dari tiga perempat kematian akibat penyakit kardiovaskular terjadi di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang, salah satunya Indonesia.

Kata 'cardio' adalah kependekan dari Kardiovaskular. Begitu banyak orang tahu bahwa latihan memompa jantung semacam ini akan menjaga otot jantung tetap kuat.

Namun, jika kamu benar-benar ingin kesehatan jantung mendapat manfaat dari latihan kardio, kamu perlu berolahraga yang cukup seperti Aerobik.

"Olahraga aerobik, olahraga yang kira-kira memanfaatkan pembakaran tubuh secara steady, yang secara terus-terusan," kata dr Aron Husink, Sp.JP, FIHA saat ditemui di kawasan senayan, Jakarta.

Dr Aron sapaannya, juga menjelaskan banyak olahraga yang dapat dilakukan seperti lari, berenang, dan jalan cepat. Semua dilakukan harus ada targetnya, saat kita olahraga denyut nadi kita harus mencapai kira-kira sekitar diatas 60 persen dari denyut nadi yang diharapkan sesuai usia.

Menurut National Osteoporosis Foundation, sekitar 1 dari 2 wanita di atas usia 50 akan mematahkan tulang karena Osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan meningkatkan risiko patah pulang.

Meskipun sudah tahu bahwa kalsium dapat menjaga sistem kerangka, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa dampak tinggi latihan menahan beban dapat membantu membangun kekuatan tulang juga.

Dengan menari, melompat-lompat, olahraga raket, dan bahkan menambahkan jogging ringan ke dalam latihan jalan, adalah contoh olahraga yang bagus yang dapat membuat tulangmu kuat.

Risiko mengembangkan radang sendi meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, nyeri dan kekakuan sendi kronis dapat menjangkit orang dewasa dari segala usia terutama mereka yang kelebihan berat badan dan mereka yang pernah menderita cedera sendi sebelumnya.

Latihan kekuatan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah rasa sakit dan nyeri. Latihan kekuatan telah terbukti mengurangi rasa sakit yang terkait dengan radang sendi.

Kamu tidak perlu menghabiskan berjam-jam di ruang berat untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa mempraktikkannya dengan beberapa gerakan squat, deadlift, dan overhead press untuk memperkuat sendi dan otot.

Wanita berusia antara 45 dan 64 tahun memiliki peningkatan risiko depresi, menurut John Hopkins Medicine, salah satu sistem perawatan kesehatan terkemuka di Amerika Serikat.

Meskipun segala bentuk olahraga dapat membantu mencegah keselisahan dan depresi, banyak penelitian menunjukkan, yoga mungkin sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan mengatur suasana hati.

Satu studi menemukan bahwa yoga meningkatkan kadar GABA (Gamma aminobutyric acid), neutrotransmitter pengatur suasana hati yang biasanya kurang pada mereka yang mengalami depresi dan kecemasan. Studi lain menemukan bahwa wanita yang menderita tekanan mental kurang stres setelah mengikuti kelas yoga.

 

Berita ini telah tayang di Detik.com, dengan judul: Manfaat Olahraga Sedari Muda yang Bakal Terasa Saat Masuk Usia 40-an

berita terkait

Komentar