Obati Rindu Jauh Dari Keluarga, Pelajar dan Mahasiswa Asal Papua Rayakan Natal di Serang

SERANG, TOPmedia - Perayaan Hari Natal menjadi perayaan yang sangat dinanti oleh umat nasrani. Begitu juga kebanyakan pelajar dan mahasiswa asal papua yang menimba ilmu di Provinsi Banten.

Pada Sabtu (14/12/2019) malam di Aula Serbaguna Korem 064 Maulana Yusuf, Kota Serang, pelajar dan mahasiswa Banten asal Papua berkumpul merayakan hari lahirnya Yesus Kristus yang diperingati pada 25 Desember. Mereka berkumpul untuk merayakan Hari Natal bersama secara sederhana. 

Hadir dalam kegiatan, Komandan Detasemen Perhubungan Korem 064/Maulana Yusuf, Letkol (Chb) Antonius Arya Wibawa, Kasubag Politik Binda Banten, Erwin Santana dan Wakapolsek Serang, AKP Ramses Panjaitan. Dalam perayaan itu, khotbah disampaikan oleh Pendeta Andi Sebayang.

Salah satu mahasiswa, Hanuk Simis mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sukacita pelajar dan mahasiswa Papua dalam merayakan Hari Natal bersama-sama di perantauan. Seluruh pelajar dan mahasiswa pada perayaan Natal ini bisa saling mengenal satu sama lain dan mempererat tali kasih bersama. Ia menyatakan, perayaan ini juga menjadi obat rindu pelajar karena jauh dari keluarga.

"Karena kami jauh dari orangtua, dari kampung halaman, dari keluarga kami. Kami mau merayakan Natal agar bisa membahagiakan kami disini," ujar mahasiwa Untirta Banten tersebut.

Perayaan Hari Natal tahun ini mengundang ratusan pelajar dan mahasiswa se-Banten. Natal kali ini merupakan perayaan tahun pertama untuk mahasiswa dan perayaan ketiga yang diikuti pelajar asal Papua.

Salah seorang pelajar, Anastasia Umbop mengatakan, sukacita perayaan Natal tidak hanya dirasakan bagi yang beragama nasrani, namun panitia juga mengundang pelajar dan mahasiswa Papua beragama muslim untuk merekatkan tali persaudaraan. Pelajar SMAN 2 ini berharap, perayaan Natal kedepan dapat lebih baik dan semakin mempererat tali persaudaraan.

"Harapan saya kedepannya, pelajar dan mahasiswa kedepan dapat lebih baik lagi. Lebih memperat persaudaraannya lagi dan juga dengan saudara lain," tuturnya.

Sementara, Dandenhub Korem 064/Maulana Yusuf, Letkol (Chb) Antonius Arya Wibawa mengaku bersyukur, pelajar dan mahasiswa bisa merayakan Natal dengan damai di Banten. Kepada mereka, Dandenhub berpesan agar dapat tetap belajar sebaik-baiknya dan juga bisa membaur dengan masyarakat Banten. Mereka juga jangan mudah terpengaruh berita hoaks dan hal apapun yang menimbulkan keresahan.

"Dengan sekarang ini kita fasilitasi, kita membina adik-adik mahasiswa Papua, mereka bisa nyaman disini, belajar disini, demi masa depan mereka sendiri. Itulah wujud komandan Korem kami," terangnya.

Sementara itu, Kasubag Politik BIN Provinsi Banten, Erwin Santana mengapresiasi perayaan Natal yang diadakan pelajar dan mahasiswa Banten asal Papua. Erwin berharap, agar pelajar dan mahasiwa bisa tetap fokus belajar dan tidak terpengaruh isu-isu politik apapun. Pelajar dan mahasiswa Papua bisa bersama-sama pemerintah menjaga kedamaian untuk NKRI.

"Kita disini semua bersatu damai dalam bingkai NKRI. Kita mensuport mereka untuk tetap fokus belajar. Tujuannya agar bisa membangun Papua dan bisa berkiprah dimanapun, karena semuanya ada dalam bingkai NKRI," pungkasnya. (TM1/Red)

berita terkait

Komentar