Buah Pisang. (Foto: Net)
Buah Pisang. (Foto: Net)

Mudah Ditemukan, Ini Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

TOPmedia - Pisang merupakan buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Di beberapa kesempatan, buah berkulit kuning ini sering diselipkan dalam menu makanan kita.

Di samping sebagai buah yang enak, manfaat pisang tentu tidak boleh dilupakan begitu saja. Berikut ini beberapa manfaat dari buah yang kaya akan potasium ini.

1. Pencernaan lebih baik

Sekitar 70 persen serat yang ditemukan dalam pisang tidak larut dalam cairan. Serat ini membantu makanan bergerak dengan cepat dan mudah melalui lambung serta usus.

Sehingga, jika Anda sembelit, mengonsumsi pisang bisa membantu meredakan masalah tersebut. Selain itu, sebagai sumber prebiotik, buah ini bermanfaat bagi bakteri baik dalam usus.

2. Tidur lebih baik

Jika Anda merasa gelisah dan sulit tidur, pisang menjadi pilihan yang baik sebagai camilan sebelum istirahat. Forbes mencatat, buah ini juga mengandung asam amino L-tryptophan yang diubah menjadi serotonin. Neurotransmitter yang berperan meningkatkan suasana hati, serta mengatur siklus tidur.

Sebuah penelitian di 2013, studi mengungkapkan bahwa orang yang makan pisang setelah dua jam mengalami peningkatan kadar melatonin dalam darah mereka. Hormon ini adalah hormon yang membantu mengatur ritme tidur atau dikenal dengan hormon tidur.

3. Jantung lebih sehat

Pisang kaya akan kalium. Diperkirakan, satu pisang berukuran sedang mengandung 422 miligram kalium yang merupakan 12 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Buah ini juga rendah kandungan natrium

Sehingga, makanan ini cocok jadi camilan yang menyehatkan jantung, namun mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Kalium juga membantu melindungi Anda dari pengerasan pembuluh darah, yang terkait dengan penyakit jantung.

4. Meningkatkan semangat berolahraga

Ketimbang mengonsumsi minuman berenergi yang mengandung gula, lebih baik Anda makan pisang sebagai camilan olahraga. Sebuah studi di 2012 menemukan, buah ini bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif serta meningkatkan kinerja atlet pria saat balapan sepeda.

"Mereka mengemas lebih banyak nutrisi daripada minuman olahraga dan memiliki campuran gula alami yang lebih sehat dengan bonus antioksidan," kata editor nutrisi dari Health, Cynthia Sass, M.P.H., R.D.

5. Makanan ibu hamil

Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 0,43 miligram atau 33 persen dari vitamin B6 yang perlu Anda konsumsi dalam sehari. Prevention mencatat, nutrisi ini penting untuk perkembangan otak selama kehamilan dan reaksi enzim yang terlibat dalam metabolisme. Selain itu, kandungan B6 juga bermanfaat untuk trimester pertama.

"Mengonsumsi pisang selama minggu-minggu awal kehamilan bisa membantu mengatasi mual yang dialami banyak wanita," kata ahli diet Kanada, Anar Allidina

 

Berita ini telah tayang di Liputan6.com, dengan judul: Gampang Ditemukan, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Buah Pisang

berita terkait

Komentar