Dermaga Eksekutif di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon banyak diminati oleh para pemudik. (Foto: TOPmedia)
Dermaga Eksekutif di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon banyak diminati oleh para pemudik. (Foto: TOPmedia)

Meski Mahal, Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik

CILEGON, TOPmedia - Dermaga eksekutif atau bisa dibilang jalur khusus tercepat di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon paling diminati oleh para pemudik yang ingin menyebrang ke Pelabuhan Baukauni, Lampung.

Terlihat pada H-4 arus mudik lebaran, ribuan pemudik mulai memadati Pelabuhan Merak yang berada di Kota Cilegon, Sabtu (1/6/2019). Mereka rela mengantri dari malam hingga pagi hari, karena ingin merasakan naik Kapal Eksekutif tersebut.

Diketahui Dermaga Eksekutif tersebut jauh lebih mahal dari Demarga 1,2,3,4,5 dan 7. Untuk tiket penumpang pejalan kaki dewasa dibanderol oleh PT ASDP di angka Rp 50.000 atau lebih tinggi jika dibandingkan harga tiket dermaga 1, 2, 3, 4, 5, dan 7 yang hanya dibanderol Rp 15.000. Bahkan untuk tiket penumpang pejalan kaki anak-anak seharga Rp 34.000 atau lebih tinggi dengan harga dermaga biasa yang hanya Rp 8.000.

"Saya penasaran saja, melihat di internet Kapal Eksekutif memberikan pelayanan yang memuaskan. Ini pun pertama kalinya untuk menaiki Kapal Eksekutif dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Baukauni Lampung," kata Komariah, salah seorang pemudik yang hendak ke kampung halaman di Batu Raja, Provinsi Sumatra Selatan.

Sementar itu, Pemudik lainnya, bernama Gia mengaku, bisa lebih hemat waktu untuk menaiki Kapal Eksekutif, karena jarak tempuh menuju Pelabuhan Baukauni Lampung hanya memerlukan waktu 1 jam. Sedangkan Kapal Reguler memakan waktu 3 jam.

"Walaupun lebih mahal dari Kapal Reguler tidak apa-apa. Yang penting saya bisa lebih menghemat waktu dengan pelayanan yang memuaskan," ujarnya.

Seperti diketahui, pelayanan yang tersedia di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak terdapat tempat belanja (Mall), tempat penginapan (Hotel), dan juga pijat gratis.

Berikut harga tarif Dermaga Eksekutif berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni.

Penumpang Dewasa Rp 50.000, Anak-anak Rp 34.000. Kendaraan Gol I Rp 62.000, Kendaraan Gol II Rp 88.000, Kendaraan Gol III Rp 147.000, Kendaraan Gol IV Penumpang Rp 579.000, Kendaraan Gol IV Barang Rp 385.000, Kendaraan Gol VI Penumpang Rp 1.716.000. (Bie/Red)

berita terkait

Komentar