Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Merokok 10 Kali Lipat Berisiko Terkena Kanker Kepala Leher

TOPmedia - Waspada bagi para peminum alkohol dan perokok berat. Dalam jangka panjang, Anda tidak hanya berisiko mengalami kanker paru-paru, tetapi dapat juga terserang kanker kepala leher.

Ketua Perhimpunan Dokter Onkologi Kepala Leher Indonesia (Perdokli) Dr dr Sonar Panigoro SpB(K)Onk M.Epid menerangkan, kanker kepala leher dapat menyerang area organ tubuh seperti nasofaring, rongga di sekitar hidung, pita suara, lidah, tiroid, tonsil, rongga mulut, hipofaring, hidung, parotis, telinga, dan mata. Sayangnya, penyakit mematikan ini jarang dikenali orang awam.

"Kanker kepala leher lebih seram dibanding kanker lainnya. Penyembuhannya tidak bisa dioperasi, tapi dikemoterapi dan disinar. Keberhasikan kesembuhan hanya 20-30 persen," ungkapnya dalam seminar bertema Yuk Peduli Kanker Kepala Leher di Kantor Kementerian Kesehatan, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (30/7/2016).

Dia menambahkan, kanker kepala leher paling sering disebabkan oleh kebiasaan merokok dan alkohol dalam kehidupan sehari-hari. Maka, Anda harus mewaspadai salah satu hal dari bagian gaya hidup tidak sehat ini.

"Khusus kanker kepala leher adalah masalah rokok dan alkohol. Orang merokok 10 kali lipat terkena kanker kepala leher. Begitu juga yang suka minum alkohol 10 kali lipat meningkatkan risiko kanker kepala kepala. Apalagi kedua-duanya 100 persen meningkatkan risiko," tegasnya.

Untuk itu, pencegahanya harus dilakukan oleh siapa saja. Menjauhi rokok dan alkohol sekaligus mengatur pola makan 30-40 persen dapat memangkas risiko kanker mematikan ini.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar