Menperin, Saleh Husin (batik biru) saat berkunjung ke pabrik tepung terigu di kawasan industri Ciwandan, Kota Cilegon. (Foto: TOPmedia)
Menperin, Saleh Husin (batik biru) saat berkunjung ke pabrik tepung terigu di kawasan industri Ciwandan, Kota Cilegon. (Foto: TOPmedia)

Menperin Janjikan Bahan Baku Murah Dalam Industri Tepung Terigu

CILEGON, (TOPmedia) – Guna mengetahui kendala parbrik tepung terigu yang selama ini menjadi penopang industri makanan dan minuman, Menteri Perindustrian Saleh Husin, melakukan kegiatan kunjungan ke area pabrik tepung terigu yang berada di kawasan industri Ciwandan Kota Cilegon, Kamis siang (21/07/16).

Dalam kunjungannya Menteri Perindustrian yang didampingi Asda I Provinsi Banten dan sejumlah petinggi perusahaan, melakukan pemantauan langsung ke lokasi ruang proses produksi, lokasi pengepakan dan gudang tepung yang selesai produksi.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya pengawasan guna mengetahui adanya permasalahan yang menjadi kendala industri dalam memperoleh pasokan bahan baku. Padahal pemerintah berkewajiban menjamin ketersediaan pasokan bahan baku bagi industri,” ujarnya.   

Adapun penyebab rendahnya utilisasi rata-rata pabrik tepung terigu di Indonesia terjadi lantaran adanya praktik dumping, yang menyebabkan kerugian industri dalam negeri sebagaimana hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Komite Anti Dumping Indonesia (KADI). Untuk itu kedepan, dalam memenuhi pasokan bahan baku industri tepung terigu, pihaknya akan menekankan soal Peraturan menteri pertanian terkait impor bahan baku tepung yang selama ini menjadi kendala, dimana sebelumnya bahan baku hanya diperbolehkan didatangkan dari satu negara.

“Ini salah satu kendala perusahaan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku industri pangan kita khususnya bahan terigu, karena selama ini kita terbentur dengan Permentan. Nanti kita akan bicarakan agar bahan baku tidak hanya didatangkan dari satu negara tetapi juga bisa didatangkan dari negara-negara lainnya seperti Argentina, dan negara-negara penghasil gandung lainnya,” jelasnya, usai melakukan kunjungan ke pabrik tepung terigu Bunga Sari Flour Mills yang berada di kawasan industri Ciwandan, Kota Cilegon.  

Dengan upaya tersebut, pihaknya berharap pabrik tepung terigu bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang lebih kompetitif, sehingga harga produk yang dihasilkan bisa bersaing dipasar nasional dan internasional.(SH/Red)

berita terkait

Komentar