Ilustrasi pusing. (Foto: net)
Ilustrasi pusing. (Foto: net)

Mengapa Manusia Merasakan Pusing? Ini Penjelasannya!

TOPmedia - Semua orang pasti merasakan pusing. Lantas pernahkah Anda bertanya mengapa manusia merasakan pusing?

Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi pusing dalam kehidupannya. Beberapa di antaranya dipicu oleh penurunan tingkat tekanan darah ke kondisi kesehatan yang mendasari perubahan hormon.

Pusing mungkin juga disertai dengan kaburnya penglihatan, gangguan pendengaran, kesulitan berbicara, sempoyongan, dan denyut jantung yang tidak teratur. Akan tetapi alergi juga dapat mempengaruhi interior telinga sehingga menyebabkan ketidakseimbangan dan pusing.

Yang pertama, pusing dapat juga menjadi cikal bakal vertigo. Buat yang belum tahu, vertigo merupakan suatu kondisi yang membuat seseorang merasa dunia dan penglihatannya berputar-putar. Wanita paruh baya berada pada risiko yang lebih tinggi mengalami vertigo. Hal ini dipicu oleh ketidakseimbangan hormonal yang dialami selama menopause.

Tanda-tanda vertigo sendiri adalah termasuk pusing, kehilangan keseimbangan dan bisa berujung pada kehilangan kesadaran. Biasanya penderita vertigo akan merasa seperti bumi ini sedang gempa sehingga dia kesulitan untuk berdiri.

Kedua, pusing akan sangat terasa apabila kondisi seseorang mengalami penurunan tekanan darah secara drastis. Jika kondisi badan sedang tidak fit, maka dapat menyebabkan pingsan. Kondisi-kondisi semacam ini biasanya dipicu oleh seseorang tersebut berdiri terlalu terlalu cepat setelah makan dalam jumlah porsi yang besar. Atau mengangkat beban dan aktivitas berat juga memicu seseorang pingsan karena pusing.

Ketiga, pusing juga disebabkan oleh konsumsi antibiotik. Jangan salah, ini sangat penting untuk diketahui bahwa ada efek samping dari antibiotik dari setiap obat yang kita minum.

Keempat, anemia juga memicu rasa pusing yang menyiksa karena mengindikasikan kekurangan gizi jenis serius dan mengarah pada sel-sel darah merah. Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan.

Kelima, penyebab pusing adalah dehidrasi. Pastikan membawa sebotol air untuk bekal sehari-hari. Jangan biarkan tubuh Anda kekurangan air terlebih lagi jika harus menghadapi kegiatan yang padat.

 

 

 

Sumber: www.merdeka.com

berita terkait

Komentar

pCloud Premium