Tomat. (Foto: Net)
Tomat. (Foto: Net)

Menakjubkan! Makan Tomat Segar Bisa Cegah Penyakit Jantung hingga Kanker

TOPmedia - Tomat dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Tapi jangan salah, ada manfaat lainnya yang tentu bisa membuat tubuh Anda lebih bugar.

Anda setidaknya bisa konsumsi tomat setiap hari baik dimakan langsung atau diolah menjadi bahan masakan. Alih-alih Anda juga suka minum jus tomat mentah yang segar.

Tak salah juga jika anak-anak diberikan tomat untuk merasakan manfaatnya. Di rumah atau di sekolahnya biasakan untuk konsumsi buah yang identik dengan warna merah ini.

Berikut adalah lima manfaat makan tomat segar. Berikut ulasannya lebih lanjut yang perlu Anda simak:

Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang hadir dalam tomat membantu memperbaiki penglihatan atau meningkatkan kesehatan mata. Dalam jangka panjang, Anda juga bisa mencegah kebutaan dan degenerasi makula di waktu mendatang.

Membantu melawan kanker

Berdasarkan penelitian, tomat mengandung tinggi antioksidan berupa lycopene. Fungsinya sangat efektif dalam menurunkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru, kanker perut dan kanker usus.

Melancarkan aliran darah

Penelitian menunjukkan, makan satu tomat dapat menyediakan sekira 40% kebutuhan vitamin C harian. Tomat juga mengandung vitamin A, potassium, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan darah normal. Vitamin K dalam tomat juga mengendalikan perdarahan dan pembekuan darah. Paling penting, orang yang makan tomat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan likopen pada tomat dapat melindungi Anda dari serangan penyakit kardiovaskular. Seseorang yang konsumsi tomat secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Tak lupa juga mengurangi pengendapan lemak di pembuluh darah.

Baik untuk pencernaan

Jangan salah, makan tomat setiap hari dapat menjaga sistem pencernaan Anda agar tetap sehat. Hal ini tentu mencegah terjadinya sembelit dan diare. Makan tomat juga mencegah penyakit kuning, sehingga secara efektif menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Untuk kesehatan paru-paru

Penemuan terbaru mengungkap bahwa tomat memiliki manfaat yang besar untuk paru-paru. Mengkonsumsi tomat dan apel bisa membantu memperbaiki kerusakan paru, khsusunya pada mantan perokok.

Studi tersebut mengungkapkan orang dewasa yang mengkonsumsi dua tomat dan lebih dari tiga porsi apel sehari menunjukkan penurunan fungsi paru yang lebih lambat dibandingkan mereka yang makan kurang dari satu di antaranya.

Kendati begitu, manfaat tersebut berlaku hanya untuk mereka yang mengkonsumsinya dalam kondisi segar. Adapun dalam bentuk alternatif olahan, tidak termasuk didalamnya.

 

Berita ini telah tayang di Okezone.com, dengan judul: 5 Manfaat Makan Tomat Segar, Cegah Penyakit Jantung hingga Kanker!

berita terkait

Komentar

pCloud Premium