Rano Karno.*
Rano Karno.*

Membaca Peluang Pendamping Rano Karno di Pilgub Banten

SERANG, TOPmedia - Beberapa jam ke depan, PDIP akan mengumumkan siapa pendamping Rano Karno di Pilgub Banten 2017. Sebetulnya, ada beberapa nama yang belakangan santer akan didampingkan bersama Rano seperti Ahmad Taufik Nuriman, Ranta Soeharta dan Tb. Haerul Jaman.

Menurut pengamat politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Gandung Ismanto, antara Taufik Nuriman, Ranta dan Haerul Jaman memiliki peluang untuk dipilih oleh PDIP. Namun, masing-masing juga memiliki kelemahan.

Sosok Taufik Nuriman menurut Gandung memiliki peluang cukup besar. Sosok Taufik selain pernah menjadi bupati dalam 2 periode di Kabupaten Serang, ia juga dekat dengan tokoh agama masyarakat Banten. Beberapa nama tokoh Banten yang dikatakan dekat dengan Taufik seperti Embay Mulya Syarif salah satu tokoh Banten.

"Latar belakang sebagai tokoh agama membuat dia lebih luas diterima di kalangan agama dan pesantren," ujar Gandung Ismanto saat dihubungi, Selasa (20/9/2016).

Kelemahan nama Taufik Nuriman ada di masa akhir jabatan dia sewaktu menjadi Bupati Serang karena berpasangan dengan Ratu Tatu Chasanah. Beberapa waktu lalu, nama Taufik digadang-gadang telah mendapatkan restu dari Gerindra.

"Ini yang menjadikan kepercayaan masyarakat berkurang," tambah Gandung.

Sosok Ranta Soeharta, yang sekarang menjabat Sekda Banten memiliki latar belakang seorang birokrat. Namun, menurut Gandung sosok Ranta juga sebetulnya adalah salah satu orang kepercayaan Ratu Atut Chosiyah sewaktu menjabat Gubernur Banten. Ranta pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Banten.

"Publik di Banten melihatnya begitu (dekat dengan Atut)," ujar Gandung.

Nama yang terakhir lumayan santer adalah Tb Haerul Jaman. Sayangnya, menurut Gandung jika Rano Karno berdampingan dengan Haerul Jaman akan kontraproduktif dengan kampanye Rano. Diyakini, Rano memang akan menggunakan isu politik dinasti dalam Pilkada Banten nanti. Tb Haerul Jaman saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Serang dan salah satu adik tiri dari Ratu Atut. (Detik.com/Red)

berita terkait

Komentar