Pengelola media online Krisna Widi Aria, Ketua IJTI Banten Aimarani, Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Banten M Royani, Aktivis Komunitas Kreatif, Aji Setiakarya (dari kiri ke kanan) (foto:Is
Pengelola media online Krisna Widi Aria, Ketua IJTI Banten Aimarani, Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Banten M Royani, Aktivis Komunitas Kreatif, Aji Setiakarya (dari kiri ke kanan) (foto:Is

Media Berperan 'Vital' untuk Promosikan Potensi Pariwisata

CILEGON,TOPmedia - Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Banten, Aimarani menganggap media massa punya kewajiban dalam mempromosikan Pariwisata serta berperan penting dalam memajukan Pariwisata daerah termasuk Banten.

"media massa, wajib mempromosikan wisata" ungkap Aimarani saat menjadi pembicara dalam kegiatan workshop Peningkatan Kemampuan SDM Dalam Menghasilkan Karya Kreatif Pariwisata Berbasis Media Tahun 2017 di Kota Cilegon, Rabu (17/5/2017).

Menurut Aimarani, perkembangan media yang begitu pesat, justru harus dimanfaatkan sebagai alat untuk mempromosikan Pariwisata Banten agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mampu meningkatkan ekonomi  daerah.

"apapun medianya, baik cetak, online atau media sosial   punya andil untuk memajukan Pariwisata di Banten sehingga mampu meningkatkan pendapatan daerah dari sektor Pariwisata" ujarnya.

namun, Aimarani mengingatkan baik pemerintah maupun masyarakat harus mampu  memberikan pelayanan yang baik kepada para wisatawan yang datang serta memberikan kenyamanan bagi mereka.

"Kita jarus menyambut tamu (Wisatawan) dengan baik, jangan sampai hal-hal negatif di wisata Banten kembali terdengar, seperti mahalnya tarif parkir dan sebagainya" ujarnya.

Selain itu, menurut Aimarani, akses dan infrastruktur yang memadai juga menjadi faktor penting dalam menunjang kemajuan pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga apa yang dipromosikan di media seimbang dengan keadaan pariwisata yang ada.

"ketika media sudah mempromosikan, jika infrastruktur nya tidak dibangun dengan baik maka percuma" jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan OPD lain terkait dalam meningkatkan akses dan infrastruktur yang menunjang kawasan wisata.

"Kita akan terima semua kritik dan saran terhadap pariwisata yang tentu bertujuan agar pariwisata Banten terus mengalami peningkatan dari segala aspek, serta terus bersinergi dengan OPD terkait. " ujarnya.

Eneng berharap, agar media baik cetak maupu nonline serta komunitas-komunitas yang berkecimpung di sosial media terus mempromosikan hak positif terkait wisata di Banten, sehingga semakin banyak orang yang berkunjung ke Banten.

"harapan saya, semua media apalagi media sosial terus mempromosikan hal baik terhadap wisata Banten, kalaupun ada yang kurang baik, kita diskusikan bersama dan menghasilkan solusi terbaik untuk memperbaikinya. " ujar Eneng.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata Banten ingin merangkul media serta komunitas yang berkecimpung di dunia Pariwisata Banten dengan memberikan wawasan tentang pentingnya industri kreatif pariwisata berbasis media, dengan tujuan agar SDM masyarakat Banten teru mengalami peningkatan terutama usia muda sehingga mampu taraf ekonomi masyarakat Banten juga meningkat.

Dalam acara ini juga dihadirkan beberapa praktisi seperti pengelola media online Radarbanten.co.id Krisna Widi Aria, Ketua Pokja Banten M Royani, perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten/kota Se-Provinsi Banten, serta komunitas media sosial dan Komunitas lain yang berkecimpung di dunia pariwisata Banten. (TM-2/red)

berita terkait

Komentar