Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

Mau Liburan Tahun Baru? Ini Cara Ampuh Cegah Mual saat Berkendara

TOPmedia - Perayaan Tahun Baru akan segera tiba. Banyak masyarakat yang melakukan mudik menyambut tahun baru dan juga libur panjang dengan berkendara jauh. Bagaimana agar tidak mual?

Kemacetan yang terjadi tentu saja membuat durasi perjalanan yang ditempuh menjadi semakin lama. Hal ini bisa membuat seseorang merasakan kondisi tak enak pada perutnya. Mual dan muntah menjadi efek dari gangguan ini.

Dokter Ari Fahrial Syam SpPD mengatakan, mual dan muntah dalam perjalanan disebut motion sickness.

"Ketika berada dalam perjalanan yang sering merasa tergoyang dan terguncang pengidap akan merasa mual. Untuk menghindarinya tentu saja dengan cara minum obat sebelum melakukan perjalanan," ujar dr. Ari Fahrial Syam SpPD.

Selain itu, menghindari beberapa makanan juga dapat membantu Anda menghindari mual saat sedang menempuh perjalanan panjang. Makanan yang harus dihindari, menurut dr. Ari adalah makanan yang sulit dicerna seperti cokelat, keju, makanan berlemak, dan gorengan.

"Jadi bagi yang cenderung mual saat perjalanan lebih baik hindari makanan tersebut. Kenapa? Karena dia pengosongan lambungnya lambat jadi lambungnya terisi makanan lalu terguncang-guncang jadi bisa timbul mual atau muntah itu," pungkasnya.

Jadi bagi Anda yang memang sering mual dan muntah saat perjalanan, ada baiknya Anda mengikuti saran dokter ini agar perjalananmu menjadi menyenangkan.

 

Sumber: Okezone.com

berita terkait

Komentar