Angota komisi IX DPR RI dari fraksi Golkar Yayat Biaro (Foto;Topmedia)
Angota komisi IX DPR RI dari fraksi Golkar Yayat Biaro (Foto;Topmedia)

Masyarakat Indonesia Makin Bebas Keluar Negeri, Pemerintah Sulit Awasi TKI Ilegal

SERANG, TOPmedia - Angota komisi IX DPR RI dari fraksi Golkar Yayat Biaro, mengaku dengan adanya mobilitas manusia yang bebas pergi kemana saja, membuat pihaknya kesulitan dalam mengawasi keberangkatan TKI illegal.

"Kebebasan mobilitas manusia yang tidak bisa di hambat oleh UU, orang bisa pergi kemana saja, ini yang pengawasannya sulit, karena mereka berangkatnya diam-diam, kalau mereka ada masalah baru ketahuan, berbeda dengan mereka yg diketahui Pemerintah," ujar yayat udai menjadi pembicara di acara Sosialisasi 'penempatan dan perlindubgan pekerja migran indonesia di aula PKPRI Kota Serang, Senin (12/3/2018).

Menurutnya langkah paling prefentif, sosialisasi kepada masyarakat, bahwa bekerja di luar negeri harus dengan perlindungan yang terencana, lewat koordinasi dengan instansi, yang berkaitan di bidang pengawasan seperti BP2TKI (Badan Nasional Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia).

"Kalau UU bicara satu dikelola BNP2TKI, di bawahnya ada lembaga-lembaga yang penyalur tenaga kerja, dulu namanya PJTKI, yang memberikan skill, daftar ke departemen tenaga kerja, baru pergi dengan pos yang sudah ada," jelasnya.

Dan, selama berkoordinasi dengan dinas ketenaga kerjaan dan BP2TKI itu legal.

"Jika dalam rekrutmen perorangan ilegal dan dokumen tidak lengkap, ke dua ada dokumen lengkap dan tujuan kerjanya tidak sesuai desain Pemerintah," pungkasnya (Gilang/Red)

berita terkait

Komentar