Foto ilustrasi. (Foto: Net)
Foto ilustrasi. (Foto: Net)

Makan Malam Setelah Jam 7, Awas Kena Serangan Jantung!

TOPmedia - Pulang kerja macet membuat Anda makan malam di rumah terlalu larut. Tapi, perlu Anda ketahui, makan malam setelah jam 7 dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Para ilmuwan melihat lebih dari 700 orang dengan tekanan darah tinggi untuk melihat perbedaan diet dan pola makan mereka. Para peneliti meneliti jenis makanan yang dimakan, jumlah garam dalam makanan, apa yang dimakan saat sarapan dan makan malam.

Makan malam kemudian memiliki dampak yang paling signifikan pada tekanan darah semalam. Bahkan, makan malam dua jam dari waktu tidur ditemukan memiliki dampak lebih buruk terhadap tekanan darah daripada menjalankan diet tinggi garam.

Hasil yang terungkap European Society of Cardiology Congress di Roma, menunjukkan bahwa ketika orang makan mungkin sama pentingnya dengan apa yang mereka makan. Para peneliti merekomendasikan sarapan dan makan siang yang baik. Tapi, para peneliti memastikan bahwa makan terakhir dalam 1 hari adalah tidak lebih dari jam 7 malam.

Satu dari empat orang menderita tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Sekira 40 persen dari mereka dengan hipertensi, tekanan darah tidak turun yang meningkatkan kemungkinan serangan jantung.

Dalam penelitian ini, mereka yang makan malam hampir dua kali lebih berisiko menderita hipertensi. Para ahli juga memperkirakan bahwa makan larut malam dapat meninggalkan tubuh Anda pada 'siaga tinggi' yang mendorong produksi hormon stres seperti adrenalin.

"Kita harus menentukan frekuensi ideal dan waktu makan, karena sama pentingnya dengan apa yang kita makan. Sarapan penting, kita tidak harus melewatkan makan siang. Kita juga harus memiliki makan malam dalam porsi kecil dan tidak setelah jam 7," jelas Dr Ebru Ozpelit, profesor kardiologi, pemimpin penelitian, dikutip dari Netdoctor, Jumat (2/9/2016).

Sementara, profesor Peter Weissberg, direktur medis di British Heart Foundation mengatakan, beberapa orang yang hipertensi memiliki tekanan darah yang tetap tinggi sepanjang malam, sehingga berisiko tinggi mengalami komplikasi. Menurutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa makan larut malam dapat memicu gagalnya mengurangi tekanan darah di malam hari.

"Masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hasil pengamatan. Tapi ingat, makan di awal malam dapat membantu orang untuk mengontrol tekanan darah mereka," tutur Weissberg.

berita terkait

Komentar