Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

Lima Sifat Istri yang Bikin Rezeki Suami Seret, Yuk Introspeksi Diri

TOPmedia - Ketika sudah bersuami istri, maka ibadah di antara kalian akan dicatat Allah SWT sebagai amalan suami-istri. Makanya, apa yang dilakukan suami akan berdampak juga ke istri pun sebaliknya. Salah satunya terkait rezeki.

Ketika sang suami atau istri mencari nafkah untuk keluarga dengan cara yang halal dan terbaik versi Allah SWT, insyaallah rezeki rumah tangga pun akan dilancarkan oleh-Nya. Tapi, kalau ada saja upaya untuk menduakan Allah atau berbuat curang, Allah tidak segan-segan menarik semua nikmat rezeki tersebut sekedipan mata.

Bahkan, ada juga yang menyatakan kalau perbuatan istri ternyata berdampak pada kelancaran rezeki suami. Hal ini bisa dilihat dalam beberapa ayat Alquran tentang sifat istri yang ternyata berdampak pada rezeki suami. Apa saja?

1. Durhaka pada suami

Perbuatan ini tentu tidak hanya memengaruhi pada kecukupan rezeki yang diberikan Allah, tetapi juga bagaimana amalan seorang istri pada suaminya. Bersikap durhaka pada suami akan menghancurkan biduk rumah tangga yang didasari iman dan ibadah pada Allah SWT.

Terkait dengan perbuatan durhaka pada suami, itu misalnya melawan suami, tidak melayani pasangan dengan sebaik-baiknya, pun membicarakan keburukan suami pada orang lain.

2. Tidak menyukuri rezeki Allah SWT

Tidak merasa puas adalah sifat dasar manusia. Tapi, mereka yang punya iman pada Allah, akan tahu betul kalau yang namanya tidak menyukuri rezeki malah akan menipiskan rezeki itu sendiri. Padahal, Allah pernah berjanji dalam surah Ibrahim ayat 7;

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7).

Dengan begitu, bersyukur dengan rezeki yang ada sekarang adalah cara terbaik untuk bisa tetap diberkahi Allah SWT. Ingat, dengan bersyukur, Allah akan terus memberikan rezeki-Nya pada Anda. Amin. Jadi, sebagai istri harus tetap bersyukur akan rezeki yang diperoleh suami ya.

3. Merasa berat untuk bersedekah

Merasa kurang dan ogah bersedekah adalah sifat lain yang bakal mempersulit rezeki Allah SWT. Ketika Anda kurang bersedekah, itu berarti Anda tidak mau bersyukur dengan rezeki yang telah diterima saat ini. Padahal, dengan bersedekah, Anda melakukan tindakan yang disukai-Nya dan Allah akan mengganti dengan sesuatu yang jauh lebih dari apa yang Anda keluarkan.

Allah berfirman;

"Sesungguhnya, orang yang bersedekah baik laki-laki mau pun perempuan, dan meminjamkan pada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) pada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS. Al-Hadid: 18).

Ingat, jangan pernah merasa berat untuk memberi pada mereka yang membutuhkan. Sekecil apapun yang Anda beri, akan dicatat sebagai amal kebaikan oleh Allah dan percayalah, Allah akan menggantinya berkali-kali lipat. Maha Besar Allah.

4. Tidak suka bersilaturahmi

Jangan pernah anggap sepele pelit sapa pada tetangga atau bahkan keluarga sendiri. Silaturahmi adalah perilaku yang sangat disukai Allah SWT. Bahkan, dengan bersilaturahmi, Allah akan memberikan ganjaran pahala dan rezeki pada Anda.

Menjaga tali silaturahmi berarti menjaga rezeki dan rahmat Allah SWT. Bahkan, Allah SWT menitipkan keistimewaan silaturahmi lainnya ialah memperpanjang umur.

Rasulullah bersabda, "Siapa yang ingin rezekinya diperluas, umurnya panjang, maka hendaklah dia bersilaturahmi." (HR. Bukhari).

5. Melalaikan kewajiban dalam beribadah

Bagaimana Allah SWT mau memberikan rezeki yang cukup ketika Anda jauh dari-Nya? Pernyataan ini akan menjadi bahan introspeksi kita bersama. Perbanyak amal ibadah pada Allah dan Allah akan baik pada kita. Semakin jauh dari Allah, ya, bagaimana bisa merasakan kenikmatan yang Allah berikan?

Maka dari itu, yuk perbanyak ibadah pada Allah. Jangan pernah ragu untuk meminta apapun pada Allah karena dia Sang Maha Esa dan Segalanya. Menunjukkan kecintaan Anda pada Allah dengan perbanyak ibadah, akan membuat Anda selalu dicurahkan rezeki dan nikmat lainnya. Ingat, Allah Maha Baik.

 

Sumber: Okezone.com

berita terkait

Komentar