Tanaman Calladium yang dijajakan di sepanjang jalan menuju tempat wisata Bukit Waruwangi, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Selasa(1/12/2020). (Foto:Feby)
Tanaman Calladium yang dijajakan di sepanjang jalan menuju tempat wisata Bukit Waruwangi, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Selasa(1/12/2020). (Foto:Feby)

Lagi Tren! Tanaman Calladium Jadi Mata Pencaharian Baru Warga Padarincang Kabupaten Serang

SERANG, TOPmedia - Tanaman hias calladium jadi trans di kalangan masyarakat Padarincang, Kabupaten Serang. 

Bahkan juga, kegemaran tanaman hias menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat di Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Sepanjang jalan, menuju taman wisata bukit waruwangi, wisatawan di jajakan dengan pedagang tanaman hias calladium.

Salah satu pedangan tanaman calladium, Saiful mengatakan, dirinya mendapati tanaman hias tersebut dipekarangan kebun miliknya. Saiful menjual bunga berjenis calladium, kelabang, tri colour, tisu, wayang, monstera, kuping gajah dengan bandrol dari Rp. 5000 hingga Rp. 50.000.

Padahal, kata Saiful, tanaman hias dengan jenis monstera di daerah perkotaan di bandrol dengan harga Rp. 200.000 dan calladium Rp. 25.000.

“Ya jangan mahal-mahal kita berjualan, agar tanaman ini banyak yang minat. Alhamdulillah hari sabtu minggu ramai saya jual tanaman,” kata Saiful saat di temui di kios miliknya, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Selasa (1/12/2020).

Sementara itu, salah satu pembeli asal Kota Tangerang yang juga wisatawan, Zahra (38) mengungkap, awalnya hanya ingin mengunjungi taman wisata Waruwangi. Dirinya tanaman calladium karena melihat harga tanaman yang dibandrol murah daripada di kota.

Kemudian, alasan dirinya membeli tanaman tersebut, merupakan hobby yang digeluti sejak masa pandemi covid-19.

“Tadinya engga niat beli, tapi begitu dengar murah saya langsung berhenti, di kota mana dapat harga Rp 5 ribu rupiah,” katanya.

Adapun pembeli lainnya, dari Kota Serang, Rosmalia mengakui, dirinya membeli tanaman calladium untuk kembali dijual. Karena menurutnya, tanaman yang ditemui di tempat tersebut lebih murah, dari yang ia temui di tempat bunga lainnya.

“Kalau saya mau dijual lagi, lumayan aja untungnya mas,” kata Rosmalia dengan singkat, seraya mengakhiri wawancara. (Feby/Red)

berita terkait

Komentar