Pelaku pencurian kabel PLN saat diamankan di Mapolsek Cipocok Jaya. (Foto: TOPmedia)
Pelaku pencurian kabel PLN saat diamankan di Mapolsek Cipocok Jaya. (Foto: TOPmedia)

Lagi, Pencuri Kabel PLN Diringkus Unit Reskrim Polsek Cipocok Jaya

SERANG (TOPmedia) - Amin (40), Warga Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, spesialis pencurian kabel listrik milik PT PLN diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Cipocok Jaya, Minggu (5/2/2017), di rumah salah seorang temannya yang tak jauh dari kediamannya. Dengan tertangkapnya tersangka Amin, kini petugas masih memburu satu tersangka lainnya yang masih buron.

"Masih ada satu tersangka lainnya dari komplotan pencuri kabel ini yang masih buron. Mudah-mudahan tersangka bisa kita tangkap secepatnya karena identitasnya sudah kita kantongi," ujar Kanit Reskrim Polsek Cipocok Jaya, AKP Nasir Embing, saat dihubungi TOPmedia, Senin (6/2/2017).

Menurut Nasir, komplotan pencuri kabel yang meresahkan PT PLN ini sebanyak 4 orang, namun dua pelaku berhasil ditangkap sebelumnya atas nama tersangka Mustofa (27), warga Mancak, Kabupaten Serang dan Fakhroji (35), warga Ciwandan, Kota Cilegon.

"Satu tersangka yang masih dalam pengejaran beridentitas Mi. Identitas lainnya sudah ada, tinggal kita tangkap saja," tegas Nasir.

Dijelaskan Nasir, kawanan pencuri kabel ini beroperasi di tengah malam saat kondisi sepi. Dalam setiap operasinya, kawanan ini menggunakan kendaraan roda empat, serta alat pemotong kabel (gunting). "Mereka spesialis dan sudah tiga kali melakukan aksinya, memang mereka aksinya tersebar, ada di Cilegon dan ini di Serang kita berhasil tangkap," ungkapnya.

Petugaspun berhasil mengamankan barang bukti satu unit kendaraan mobil operasional pelaku jenis Nissan Evalia Nomor Polisi A 1729 VJ, alat gunting kabel dan 4 kabel listrik dengan panjang masing-masing 2 kabel ukuran 10 meter dan 2 kabel 11 meter. "Pelaku kena Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan, dengan ancaman penjara tujuh tahun," pungkasnya. (Mat)

berita terkait

Komentar