Kepala Seksi STDI Dishubkominfo Provinsi Banten, Dar Es Salam. (Foto: TOPmedia)
Kepala Seksi STDI Dishubkominfo Provinsi Banten, Dar Es Salam. (Foto: TOPmedia)

Kurang Kesadaran ASN, E-Goverment Pemprov Banten akan Sulit Teruwujud

SERANG,TOPmedia - E-Goverment atau penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat di pemerintahan Provinsi Banten akan sulit terwujud jika Sumber Daya Manusia (SDM) nya tidak memliki kesadaran dan mengurangi ego.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Sarana Telekomunikasi dan Diseminasi Informasi Dishubkominfo Provinsi Banten, Dar Es Salam. Ia mengakui bahwa saat ini SKPD di Pemprov Banten masih sangat rendah memaksimalkan fungsi website untuk sarana penyebarluasan informasi ke publik.

Menurut Dar Es, saat ini dibutuhkan kesadaran dari para SDM di SKPD supaya bisa mengelola dan menyampaikan informasi kepada publik melalui website.

"Sekarang ini era digital, jadi penyebarluasan informasi dengan dukungan teknologi harus dimaksimalkan dan meminimalisir biaya publikasi," ujarnya, Rabu(17/08/2016).

Dar Es, yang akrab dipanggil Esa ini menambahkan, bahwa masalah klasik seperti kurangnya SDM dan dukungan data dari bidang di SKPD masih menjadi alasan yang selalu diungkapkan para SKPD.

"Mulai tahun 2017 nanti, Kominfo Pemprov Banten sudah menyediakan website terpadu, sehingga masing-masing SKPD hanya tinggal mengupdate dan mengisi contentnya  dan ketersediaan data nya," ujar Esa.

Dalam UU No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 13 ayat 1 point b ditegaskan bahwa  lembaga publik wajb membuat dan mengembangkan sistem penyediaan layanan informasi secara cepat, mudah dan wajar. (TM-1/red)

berita terkait

Komentar