Acara sosialisasi KPPI dengan Kadin Banten di salah satu hotel di Kota Serang. (Foto: TOPmedia)
Acara sosialisasi KPPI dengan Kadin Banten di salah satu hotel di Kota Serang. (Foto: TOPmedia)

KPPI Himbau Kadin Banten Lakukan Sosialisasi ke Pihak Industri

SERANG, TOPmedia - Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI), melakukan sosialisi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten, mengenai MEA (Pasar Bebas).

Dalam hal ini, Radu Sembiring Wakil Ketua KPPI menghimbau, agar Kadin Banten melakukan sosialisasi kepada pihak industri untuk mendengarkan keluhan setelah berlangsungnya MEA.

“Manakala ada yang industri yang mengalami kerugian karna import, maka perusahaan harus lapor ke Kadin Banten. Akan ada tindakan pengamanan nantinya, seperti tarif pajak yang nanti dinaikan ketika masuknya barang import yang merugikan industri dalam negeri,” ujar Radu saat dijumpai usai sosialisasi di salah satu hotel di Kota Serang, Kamis (11/8/2016).

Seperti diketahui, Import dari Cina mengakibatkan barang dalam negeri yang perlahan-lahan akan mengalami kebangkrutan atau bahkan berhenti. ”Banyaknya import baja dari luar negeri yang utama dari Cina ini bisa mengakibatkan baja di dalam negeri bisa bangkrut, seperti paku baja, baja ringan dan lain-lain,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Kadin Banten Rinton M Simarmata mengatakan, pertemuan KPPI dengan Kadin Banten kali ini dalam rangka sosialisasi. Ia menyampikan bahwa industri di Banten sudah banyak yang melaporkan tentang import yang merugikan produk dalam negeri.

“Masalah persoalan-persoalan yang tadi itu (keluhan industri mengenai Import,red) mengakibatkan banyaknya lonjakan-lonjakan, ini karna pemerintah pusat yang kurang peduli secara nyata. Kami juga berharap agar komunikasi antara KPPI dengan Kadin Banten dapat berjalan rutin. Semoga sosialisasi yang kita lakukan dapat dirasakan oleh setiap industri yang berada di Banten,” katanya (Gilang/red)

berita terkait

Komentar