Walikota Serang, Syafrudin. (Foto: TOPmedia)
Walikota Serang, Syafrudin. (Foto: TOPmedia)

Kota Serang Dinilai WH Kalah dengan Jayapura, Syafrudin: Seharusnya Pemprov Banten Malu

SERANG, TOPmedia – Dalam akun Media Sosial (Medsos) milik Pemprov Banten menyebut, Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) malu terhadap Kota Serang yang kalah dibandingkan Ibukota Papua, yakni Jayapura. "Saya sebagai gubernur malu kalau ada pengunjung ke Kota Serang bilang Kota Serang sebagai ibu kota provinsi kalah sama Ibu Kota Provinsi Papua,” ujarnya, dikutip dari akun Instagram Official Pemprov Banten

Menanggapi hal tersebut, Walikota Serang Syafrudin mengatakan, penataan wajah Kota Serang bukan hanya tugas dan tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Serang saja. Akan tetapi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten pun harus turut andil dalam pembangunan serta penanganan persoalan di Ibu Kota Provinsi Banten ini.

“Kota Serang itu terbentuk dari hasil terbentuknya Provinsi Banten. Jadi Provinsi juga harus bertanggung jawab. Pemprov Banten seharusnya bertanggung jawab atas semuanya, bukan hanya Pemkot Serang saja,” ujarnya, saat hadiri acara Kejuaraan Karate Terbuka Antar Pelajar se-Provinsi Banten, yang digelar di GOR Korem 064 Maulana Yusuf, Sabtu (1/2/2020).

Syafrudin mengakui, bila Kota Serang masih banyak kekurangan dan membutuhkan pembenahan. Untuk itu, Pemkot Serang sedang membuat sejumlah program untuk mempercantik wajah Ibu Kota Provinsi Banten ini. Salah satunya dengan membuat beberapa design wajah kota agar lebih menarik dan memiliki identitas diri.

"Kami juga kan saat ini sedang berbenah dan melakukan penataan wajah Kota Serang. Tapi kan kami juga masih menunggu perubahan RTRW yang belum selesai. Dan yang paling penting, Pemprov Banten juga harus membantu Kota Serang mendesain, nantinya akan seperti apa Ibu kota Provinsi Banten ini," ujarnya.

Dijelaskan Syafrudin, jika mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang yang minim, menurutnya akan menghabiskan waktu sampai 10 tahun untuk merubah Kota Serang menjadi kota yang diharapkan.

"Jadi, Kota Serang masih menunggu bantuan dari Pemprov Banten, dan pemprov yang harus mendesain Kota Serang seperti apa, karena Ibu Kota Provinsi dan seharusnya Provinsi malu dengan keadaan Kota Serang saat ini. Kalau menunggu APBD Kota Serang bisa selesai sampe 10 tahun. Isin (malu) pak WH, Kota Serang acak-acakan,” katanya sambil tertawa. (TM1/Red)

berita terkait

Komentar