Ilustrasi kopi. (Foto: Net)
Ilustrasi kopi. (Foto: Net)

Kopi dan Sejumlah Makanan yang Bisa Membunuh Sperma

TOPmedia - Makanan sehat seperti sayuran hijau dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Tapi, perlu diketahui bahwa beberapa makanan tertentu juga dapat membunuh sperma!

Jadi, jika Anda berencana menjadi seorang ayah, sebaiknya menghindari makanan-makanan yang dapat membunuh sperma, seperti dikutip dari Okezone.com, Senin (15/8/2016).

Makanan dari kedelai

Menurut ahli gizi, Dr Neha Sanwalka, terlalu sering mengonsumsi kedelai dapat menyebabkan gangguan seksual pada pria. Selain itu, konsumsi kedelai setiap hari dapat mengakibatkan penurunan libido, jumlah sperma dan tingkat kesuburan.

Makanan yang digoreng

Menurut ahli gizi, Priya Kathpal, makanan yang digoreng berisi lemak terhidrogenasi lemak. Hal ini dapat menurunkan kadar testosteron dan kualitas sperma.

Kopi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Epidemiology, asupan kafein berlebihan pada kopi atau teh telah dihubungkan sebagai penyebab berkurangnya konsentrasi dan jumlah sperma.

Daging olahan

Hindari daging olahan jika berencana mempunyai bayi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition, pria yang mengonsumsi daging olahan pada hamburger, bacon dan daging asap, memiliki sperma sehat yang lebih sedikit.

Alkohol

Alkohol dapat mengurangi kualitas sperma. Selain itu, Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada pria, kata Priya Kathpal.

berita terkait

Komentar