Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Pujianto
Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Pujianto

Komisi II DPRD Kota Serang Minta Pemkot Yakinkan Masyarakat Vaksinasi Aman

SERANG, TOPmedia – Ketua Komisi II DPRD Kota Serang Pujianto angkat bicara terkait vaksinasi covid-19 yang digulirkan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Pujiyanto meyakini vaksinasi merupakan solusi ditengah pandemi covid-19 yang belum juga berahir ini, terlebih berdampak pada berbagai sektor.

"Saat ini covid-19 sudah betul-betul secara presentasi cukup memprihatinkan, artinya saya kira ini salah satunya solusi yang paling tepat secara ilmiah dalam penanganan covid-19 yaitu menggunakan vaksin," katanya kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Serang, Senin (18/1/2021).

Maka dari itu, sambung Pujiyanto, peranan besar pemerintah adalah meyakinkan masyarakat bahwa vaksinasi ini aman dan solusi ditengah pandemi covid-19.

"Hanya saja persoal banyak saat ini yang menjadi pribadi kita bersama kita selaku penyelenggara pemerintahan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tingkat satu atau dua dalam hal ini memiliki peran besar yaitu bagaimana solusinya, skemanya meyakinkan masyarakat dalam penggunaan vaksin," imbuhnya.

Karena pada prinsipnya, kata Pujiyanto, realita saat ini masyarakat banyak yang mengkhawatirkan dan merasa takut untuk di vaksin. Maka salah satu upayanya, kata dia, adalah bagaimana salah satu tokoh-tokoh ulama, tokoh-tokoh besar sekaligus pimpinan daerah juga harus bisa menjadi suri teladan bagi masyarakat.

"Akan tetapi perlu disini pemerintah mampu meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini betul-betul halal dan baik. Pertanyaannya apakah itu benar-benar sudah melegitimasi dari MUI halal, artinya MUI sudah melegitimasi bahwa ini halal dan sebaiknya adalah guru-guru kita orang-orang tua kita di majelis ulama indonesia pun harus terlebih dahulu di vaksin," ungkapnya.

"Para ulama dan umaro di vaksin, dan baru kepada masyarakat. Saya yakin kalau ulama kita, guru kita orang tua kita, Tokoh-tokoh besar kita mau terlebih dahulu di vaksin, saya kira jelas masyarakat akan sami'na wa atho'na kepada tokoh-tokoh itu," sambung Pujiyanto. 

Pujiyanto menilai, sosialisasi Pemerintah Kota Serang kurang terkait vaksinasi ini. Disis lain masyarakat masih melihat informasi liar soal vaksin.

"Sehingga harus ada sebuah strategi dari pemerintah Kota Serang betul-betul bisa bergerak cepat untuk bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi itu masyarakat salah menyimpulkan atau menafsirkan berita-berita yang bersebaran di media sosial," terangnya. 

Pujiyanto yang merupakan fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu juga mendukung program vaksinasi itu, karena menurut dia, vaksinasi merupakan upaya memutus mata rantai covid-19. Maka ia meminta kepada Pemkot Serang hususnya bisa meyakinkan masyarakat untuk mau vaksinasi.

"Karena itu salah satu obat atau upaya yang memang secara kajian ilmiah salah satu upaya itu adalah vaksin, masa kita tidak mendukung ya kita harus mendukung akan tetapi alami juga dukung dari pusat sampai daerah dan kami memohon sebagai fraksi NasDem untuk pemerintah bisa meyakinkan masyarakat," tandasnya.(Adi/Red)

berita terkait

Komentar