Sarang Tawon Raksasa yang berada di tiang listrik penerangan jalan, di Lingkungan Gunung Watu, RT/RW 04/01, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon(Firasat/Topmedia)
Sarang Tawon Raksasa yang berada di tiang listrik penerangan jalan, di Lingkungan Gunung Watu, RT/RW 04/01, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon(Firasat/Topmedia)

Khawatir Membahayakan Warga, Damkar Evakuasi Sarang Tawon Raksasa Di Kota Cilegon

SERANG, TOPmedia - Sejumlah petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon mengevakuasi sekaligus memusnahkan sebuah sarang tawon vespa berukuran besar di Lingkungan Gunung Watu, RT/RW 04/01, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Sabtu (23/1/2021) malam.

"Pemusnahan ini dilakukan lantaran ukuran sarang tawon tersebut semakin membesar dan dapat berbahaya bagi keselamatan warga di pemukiman padat penduduk," Kata Kepala Seksi Operasi Pemadaman dan Kesiapsiagaan pada DPKP Kota Cilegon, Nanung Eko Siswanto kepada wartawan, Sabtu (23/1/2021).

Lebih lanjut, hal itu dilakukan dalam menindaklanjuti laporan warga terkait adanya sarang tawon pada tiang penerangan. Selain itu, sarang tawon yang berdiameter 50 centimeter tersebut sudah setahun lebih berada pada tiang penerangan jalan permukiman.

"Kalau sengatan, kami belum dapat laporannya. Ini kamu antisipasi aja biar enggak ada yang celaka karena keberadaan tawon vespa ini," terangnya.

Dilokasi, petugas Damkar mengevakuasi serta memusnahkan sarang tawon tersebut tak butuh waktu lama. Pasalnya, tim sudah terlatih dan peralatan memadai membuat petugas Damkar bisa bekerja maksimal.

"Alhamdulillah, petugasnya terlatih. Enggak ada sengatan dan enggak lama juga kami evakuasi sarang tawon ini," ungkapnya.

Ia juga mengimbau, apabila ada peristiwa ataupun temuan yang bersifat berbahaya bagi keselamatan masyarakat bisa dapat melaporkan langsung ke DPKP Kota Cilegon.

"Kami meminta masyarakat, apabila ada temuan yang bersifat berbahaya, segera lapor ke kami. Jangan bertindak gegabah ataupun sifatnya membahayakan orang lain," tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT 04 RW 01, Lingkungan Gunung Watu Supriyadi mengungkapkan, warga setempat baru kali ini menemukan sarang tawon raksasa. Pasalnya, kata Dia, warga setempat tidak pernah mengganggu atau merusak sarang tawon.

"Alhamdulillah, enggak ada yang ganggu, jadi eggak ada laporan soal sengatan tawon. Ini sudah ada setahun lebih dibiarkan disini, karena semakin membesar akhirnya kami laporan ke pihak Damkar," ucapnya.

Selanjutnya, pihak Damkar langsung membersihkan sisa-sisa dari pemusnahan sarang tawon yang jatuh ke jalan. Kemudian, pihak Damkar membakar membakar sarang tawon yang telah dievakuasi itu tersebut. (Firasat/Red)

berita terkait

Komentar