Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

Kerja Keras Saja Tidak Cukup Untuk Cepat Kaya, Coba Barengi Dengan Doa Ini

TOPmedia - Hidup dalam kemiskinan tentuk tidak menyenangkan, oleh karena itu kebanyakan orang berlomba-lomba mencari kekayaan. Hanya saja kerja keras saja tidak cukup, masih harus dibarengi dengan doa atau amal baik. Lalu apa amalan agar cepat kaya?

Salah satu amalan agar cepat kaya adalah Mengucapkan salam dan dilanjutkan dengan membaca surat Al Ikhlas. Amalan ini bisa mengatasi kesulitan ekonomi dalam dunia serta dilimpahkannya rezeki yang banyak. Alhasil jika kita rutin mengamalkan amaliah tersebut, insyaAllah bisa menjadi kaya.

Syekh Nawawi dalam kitab Tafsir Marâh Labîd menuturkan sebagai berikut:

عن سهل بن سعد جاء رجل إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم وشكا إليه الفقر فقال: «إذا دخلت بيتك فسلم إن كان فيه أحد وإن لم يكن فيه أحد فسلم على نفسك واقرأ قل هو الله أحد مرة واحدة. ففعل الرجل فأدر الله عليه رزقا حتى أفاض على جيرانه

“Dari Sahl bin Sa’d, seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan mengadu kepadanya perihal kefakiran. Rasul bersabda, ‘Bila engkau memasuki rumahmu, ucapkanlah salam bila di dalamnya ada seseorang. Bila tidak ada seorang di dalamnya, maka bersalamlah untuk dirimu dan bacalah surat qul huwallâhu ahad sekali.’ Lelaki itu mengamalkannya. Allah melimpahkan kepadanya rezeki hingga meluber kepada para tetangganya.”

Demikian amalan agar cepat kaya. Lalu bagaimana jika di rumah sedang tidak ada orang? Imam Nawawi berdasarkan pemaran Ibnu Abbas dan Qatadah;

فسلم على أهلك فهم أحق بالسلام ممن سلمت عليهم، وإذا دخلت بيتا لا أحد فيه فقل: السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين

“Ibnu Abbas berkata, ‘Bila tak ada siapapun di dalam rumah, maka ucapkanlah ‘assalâmu ‘alainâ min qibali rabbinâ’ (keselamatan bagi kami dari Tuhan kami), adapun Qatadah berkata, ‘Bila engkau memasuki rumahmu, maka ucapkanlah salam kepada keluargamu. Mereka lebih berhak mendapatkan salam daripada orang lain yang engkau salami. Bila engkau memasuki sebuah rumah yang tak ada seorang pun di dalamnya, ucapkanlah, ‘assalâmu ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâhis shâlihîn,’ (keselamatan bagiku dan bagi hamba-hamba Allah yang saleh).

Dengan demikian, redaksi salam yang diucapkan ketika tidak ada orang lain adalah ‘assalâmu ‘alainâ min qibali rabbinâ’ atau assalâmu ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâhis shâlihîn, kemudian lanjut membaca surat Al Ikhlas sekali.

 

Sumber: Okezone.com

berita terkait

Komentar