R.Dadan Rudiansyah, Kepala DAOPS I PT Kereta Api Indonesia (KAI), saat mengecek kondisi rel kereta api di Stasiun Catang, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (08/05/2018). (Foto:Topmedia)
R.Dadan Rudiansyah, Kepala DAOPS I PT Kereta Api Indonesia (KAI), saat mengecek kondisi rel kereta api di Stasiun Catang, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (08/05/2018). (Foto:Topmedia)

Kereta Api Jurusan Jakarta-Lebak-Merak Siap Sambut Arus Mudik 2018

SERANG, TOPmedia Jelang ramadhan dan lebaran tahun 2018, sejumlah angkutan umum dipersiapkan untuk arus mudik salah satunya jalur kereta api jurusan Jakarta-Lebak-Merak. Persiapan tersebut, dilakukan dengan kegiatan pengecekan kelayakan jalur.

Pengecekan tersebut dinilai penting, karena jalur tersebut kerap kali ramai, yakni dari Jakarta menuju Stasiun Rangkasbitung di Kabupaten Lebak dan Stasiun Merak yang lokasinya berada di dalam Pelabuhan Merak, yang kerap digunakan pemudik untuk menuju Pulau Sumatera.

"Kami sudah memperbaiki sarana prasarana. Semua jalur lintas sudah dilakukan pemeriksaan," kata R.Dadan Rudiansyah, Kepala DAOPS I PT Kereta Api Indonesia (KAI), saat mengecek kondisi rel kereta api di Stasiun Catang, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (08/05/2018).

Selain itu, tenaga ekstra pun disiagakan 24 jam, untuk mengantisipasi bencana alam, seperti longsor dan banjir hingga kereta anjlok.

Selain pengawasan kondisi rel kereta, pencurian besi rel dan rambu kereta api termasuk salah satu yang dijaga ketat. Tak hanya saat arus mudik, setiap waktu penjagaan dilakukan, guna mencegah kecelekaan kereta api.

"Pencurian sekarang masih ada, tapi udah jauh berkurang. Daerah ke timur, Jatinegara ke arah Cikampek, itu masih ada. Daerah sini (Banten) aman,”ujarnya.

Sebagai informasi, Salah satu syaratnya kelayakan jalur yakni, lebar jalur kereta api berukuran 1.067 milimeter dengan toleransi lima millimeter. (YDtama/Red)

berita terkait

Komentar