Tulisan Wonderful Indonesia muncul di salah satu kompetisi papan atas di Eropa, La Liga Spanyol. (Foto: Net)
Tulisan Wonderful Indonesia muncul di salah satu kompetisi papan atas di Eropa, La Liga Spanyol. (Foto: Net)

Keren! Wonderful Indonesia Eksis di La Liga Spanyol

TOPmedia - Branding pariwisata Indonesia kian melebarkan sayapnya hingga ke Benua Eropa. Beberapa waktu lalu, tulisan Wonderful Indonesia berhasil muncul di salah satu kompetisi papan atas di Eropa, La Liga Spanyol.

Pada pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona, 29 Agustus lalu, penonton dari berbagai penjuru dunia terkaget-kaget, dengan kemunculan digital board replacement bertema brand pariwisata Indonesia.

Hal tersebut lantas menjadi sorotan publik karena kemunculannya begitu tak terduga. Pihak Kementerian Pariwisata RI mengakui bahwa kegiatan branding tersebut akan berlangsung hingga 20 November mendatang. Rencananya logo dengan kepak sayap Garuda itu akan dijadwalkan hadir di sejumlah pertandingan La Liga.

“Sekali-sekali jangan fokus ke Neymar, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saja. Ada logo Wonderdul Indonesia di kerumunan supporter dan disiarkan secara langsung di seluruh penjuru dunia,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, dikutip dari Facebook resmi Kementerian Pariwisata RI.

Yang perlu dicatat, tak hanya Indonesia yang bisa menyaksikan kibaran kepak sayap Wonderful Indonesia. Negara-negara benua Eropa, Amerika dan kawasan Asia Pasifik lainnya juga terhipnotis oleh ‘virus’ Wonderful Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan bahwa, di seluruh dunia, sepakbola itu gaya hidup. Baik tua muda, pria wanita, kaya miskin, mengenakan atribut klub favoritnya. Menjadi kebanggaan besar jika bisa mengenakan atribut klub yang dicintainya.

“Jika merchandise-nya saja diburu fans, sudah tentu pertandingannya bakal ditonton. Namun, sangat tidak mungkin ada orang yang rela berjubel di stadion dengan kapasitas yang hanya 60.000 - 80.000 orang. Di sinilah peran PTV (paid TV),” tambahnya.

Selain itu, La Liga merupakan kompetisi kedua yang paling disaksikan penonton dari seluruh dunia, setelah Liga Inggris.

“Di Asia saja 260 juta pemirsa lebih memilih menonton La Liga Spanyol. Ini merupakan kesempatan emas untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di pasar Asia,” tutupnya.

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

berita terkait

Komentar