Aliansi Ormas Kota Cilegon saat menggelar aksi unjuk rasa di PT. Dover Chemical. (Foto: TOPmedia)
Aliansi Ormas Kota Cilegon saat menggelar aksi unjuk rasa di PT. Dover Chemical. (Foto: TOPmedia)

Kerap Terjadi Kecelakaan, Warga Cilegon Tuntut Pemkot Tindak Tegas PT Dover Chemical

CILEGON, TOPmedia - Ratusan warga dari sejumlah organisasi massa yang tergabung dalam Aliansi Ormas Kota Cilegon, menggelar unjuk rasa menuntut penuntasan kasus terkait sejumlah kecelakaan yang terjadi di PT. Dover Chemical dari 2015 hingga 2019, yang dinilai sangat merugikan warga sekitar.

Dalam orasinya, massa menilai kecelakaan yang terjadi di PT. Dover tidak disikapi tegas oleh pihak Pemerintah Kota Cilegon, sehingga kejadian terus berulang dan tentunya merugikan warga sekitar dan jika tetap didiamkan praktek kotor tersebut akan menimbulkan bertambahnya korban.

"PT. Dover Chemical kami duga tidak profesional dalam hal administrasi, dengan tidak mengindahkan surat resmi dari berbagai elemen masyarakat yang mempertanyakan tentang perizinan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan publik," ungkap Korlap Aksi Aris, saat orasi di depan PT. Dover Chemical, di jalan raya Merak Cilegon KM 117, Selasa (25/6/2019).

Dengan timbulnya sejumlah masalah tersebut, lanjut Aris, pihaknya menuntut agar Pemkot Cilegon untuk turun dan mengawasi langsung dan menindak tegas PT. Dover Chemical karena diduga banyak perijinan yang tidak jelas.

"Selain itu, kami juga menuntut penegak hukum untuk menyikapi sesuai prosedurnya atas kasus yang terjadi, seperti kecelakaan kerja dan kebocoran tangki yang merugikan warga sekitar. Dan kami juga menuntut pihak PT. Dover Chemical untuk merealisasikan dana CSR, yang tepat sasaran dan efektif kepada masyarakat sekita," tuturnya.

Dari pantauan di lokasi sempet terjadi aksi saling dorong antar massa dan petugas, namun situasi tersebut dapat dicegah hingga tidak menimbulkan kericuhan. (Ika/Red)

berita terkait

Komentar