Lokasi di Sawah Luhur Kecamatan Kasemen Kawasan Tambak akan jadi industri
Lokasi di Sawah Luhur Kecamatan Kasemen Kawasan Tambak akan jadi industri

Kasemen Jadi Kawasan Industri, Pemkot Serang Diingatkan Serap Tenaga Kerja Warga Sekitar

SERANG, TOPmedia – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang merubah Sawah Luhur  Kecamatan Kasemen, Kota Serang menjadi kawasan industri, hal itu tertuang dalam Tata Ruang Wilayah Kota Serang tahun 2020-2024.

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan kajian menjadikan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen menjadi kawasan industri sudah selesai, kata dia, saat ini hanya tinggal menunggu investor.

"Itu sudah selesai (Kajiannya), tunggu investor saja," katanya kepada wartawan di Karangantu, Senin (25/1/2021).

Persiapan Kasemen menjadi industri, sambung Syafrudin, tertuang dalam rencana tata ruang. Menurut dia, bagus Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen menjadi industri karena banyak pengangguran dan masyarakat miskin.

"Itu kan ada rencana tata ruangnya, sudah selesai umpamanya akan lebih bagus karena wilayah industri karena disini banyak pengangguran, masyarakat miskin," imbuhnya.

Ditanya soal apakah nantinya industri itu akan mengganggu pertanian. Kata Syafrudin, untuk pertanian ada 4 ribu hektare masih utuh,"Tidak, tidak akan menganggu pertanian. Pertanian itu 4 ribu hektar masih utuh," terangnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Kasemen, Mashudi mengungkapkan berkaitan dengan industri itu urusannya dewan dengan walikota. Ia juga mengaku industri nantinya tidak akan mengganggu tambak ikan yang memang di Sawah Luhur Kecamatan Kasemen adalah kawasan tambak.

"Itu sudah diterangkan pak wali tadi, kalau urusan industri mah urusan dewan sama wali kota. Ngga sih (ngga ngeganggu tambak) sudah dikaji kan," ungkapnya.

Mashudi mengaku sementara ini belum ada tembusan kepada dirinya industri apa yang sudah ada di Kasemen itu,"Belum (ada kabar industri apa) belum ada tembusan ke kita mah. Nanti dewan sama wali kota," ucapnya.

Mashudi juga berharap Sawah Luhur Kecamatan Kasemen yang dijadikan kawasan industri itu bisa menyerap masyarakat sekitar untuk bekerja nantinya. Intinya pentingkan masyarakat itu yang harus didahulukan.

"Kalau harapan yang penting untuk mengantisipasi masyarakat bisa bekerja, bisa ada perubahan, di Kecamatan Kasemen ini jangan selalu ini aja biar tidak ada orang-orang yang tidak mampu, kalau sudah ada kemajuan apa salahnya. Yang penting perhatikan masyarakat," harapnya.

Menurut Mashudi, meskipun di Sawah Luhur Kecamatan Kasemen itu kawasan tambak, namun kebanyakan tambaknya punya orang lain atau bukan punya warga sekitar termasuk tanahnya. Sementara ini pun, kata dia, belum ada aduan masyarakat terkait keberatan wilayah tersebut dijadikan industri.

"Supaya menyerap warga untuk bekerja. Kebanyakan (Tambak bukan punyanya) kebanyakan tanah orang lain. Sementara ini belum ada (Pengaduan dari masyarakat)," tandasnya.

Informasi yang dihimpun, dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Serang itu ada 2 kawasan yang rencananya diubah menjadi industri yaitu di Kasemen yang disiapkan seluas 450 hektare yang selama ini dijadikan lokasi tambak. Kedua Walantaka seluas 1.000 hektare yang berbatasan dengan Kabupaten Serang.(Adi/Red)

berita terkait

Komentar