Buah delima. (Foto: Net)
Buah delima. (Foto: Net)

Kamu Terserang Anemia? Sebaiknya Makan 9 Buah Ini

TOPmedia - Anemia merupakan salah satu gangguan darah yang paling familiar. Jika kamu mengalaminya, itu berarti jumlah sel darah merah di dalam tubuhmu berkurang. Gejala yang paling umum dari anemia sendiri adalah sesak napas, mudah lesu, mudah lelah, palpitasi, keringat berlebihan, hingga sensitif terhadap dingin.

Nah, agar tubuh kamu tetap sehat meski kamu terserang anemia, maka kamu harus menjaga asupan makananmu. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak zat besi, vitamin C, atau vitamin B12 seperti buah-buahan di bawah ini.

Plum
Plum adalah buah yang akan zat besi dan menjadi buah terbaik untuk mengobati anemia. Mengonsumsi plum sebagai menu sarapan harian sangat baik untuk mengobati penyakit ini.

Apel
Apel merupakan buah yang membantu untuk meningkatkan jumlah darah. Sebab apel mengandung vitamin C yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi.

Aprikot
Aprikot sangat tinggi akan kandungan zat besi. Dan zat besi ini diperlukan untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Grapefruit
Grapefruit merupakan contoh buah lainnya yang penuh dengan vitamin C dan merupakan buah terbaik untuk mengobati anemia.

Pisang
Asam folat sangatlah penting untuk memproduksi dan memelihara sel baru dalam tubuh, termasuk sel darah. Dan pisang sendiri mengandung asam folat yang baik untuk meningkatkan jumlah darah Anda.

Jeruk
Vitamin C sangatlah penting karena membantu dalam menyerap zat besi yang kamu konsumsi. Semenara jeruk adalah sumber terbaik dari vitamin C tersebut.

Mangga
Mangga juga termasuk dalam jajaran buah yang kaya vitamin C. Sehingga mangga sangatlah baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

Kiwi
Jika kamu menderita anemia, jangan sungkan untuk makan kiwi. Hal ini disebabkan karena kiwi tinggi zat besi.

Delima
Terakhir, buah delima sarat akan vitamin C dan zat besi. Kedua nutrisi ini sangatlah penting dan efektif untuk mengobati segala macam gejala anemia seperti pusing, mudah lelah, dan lemah. Pastikan kamu mengonsumsi satu buah delima setiap hari untuk melawan anemia.

 

 

 

Sumber: www.merdeka.com

berita terkait

Komentar