Asmani (80) Kakek Penambal Jalan Rusak di Kampung Priuk, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang (Foto : Ly)
Asmani (80) Kakek Penambal Jalan Rusak di Kampung Priuk, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang (Foto : Ly)

Kakek di Serang Sukarela Nambal Jalan Rusak Selama 5 Tahun, Alasannya Bikin Terharu!

SERANG, TOPmedia - Seorang kakek tua renta warga Kampung Priuk, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, selama 5 tahun secara sukarela memperbaiki jalan rusak dan berlubang di sepanjang kampungnya. 

Beliau adalah Asmani (80), kakek yang mengalami gangguan pendengaran itu menambal sepanjang jalan yang rusak di Kampungnya dengan cara mengumpulkan bebatuan dari hasil sisa-sisa bangunan rumah atau mencangkul tanah.

"Saya nambal jalan pake batu sama tanah. Saya menambal jalan yang rusak  secara sukarela aja, biar ngga menimbulkan kecelakaan bagi pengendara motor," kata Asmani,  saat ditemui di lokasi Rabu (14/2/2018).

Asmani yang tidak memiliki istri dan anak ini tinggal di rumah adik kandungnya Amsiah (78). Menurut Amsiah,  kakaknya itu menambal jalan rusak setiap hari dan dilakukan sejak lima tahun lalu.

"Kurang lebih 15 tahun Kang Asmani tinggal di rumah saya. Kang Asmani benerin jalan di kampung ini setiap hari dan sudah hampir 5 tahun.  Alasannya agar enggak menimbulkan kecelakan bagi pengendara motor karena jalan yang rusak," ujar Masiah,  ditemui di kediamannya.

Di lokasi sama,  Maman, warga Kampung Priuk mengatakan,  Kakek Asmani melakukan itu secara sukarela karena peduli dan itu dilakukan setiap hari dari pagi hingga sore.

"Mbah (Kakek-red) Asmani nambal jalan dari pagi hingga sore, dari ujung jalan (Desa Sebelah) sampai Desa Singamerta yang ia tambal. Ia istirahat ketika siang hari karena kadang cuaca yang panas," tutur nya. (Ly/Red)

berita terkait

Komentar