Kafilah Banten saat Berfoto bersama dengan Asda II Pemprov Banten, Eneng Nurcahyati. (foto:hms)
Kafilah Banten saat Berfoto bersama dengan Asda II Pemprov Banten, Eneng Nurcahyati. (foto:hms)

Kafilah Banten Masuk Final Delapan Cabang MTQ Nasional

SERANG,TOPmedia - Memasuki hari keempat pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXIV di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.  Kafilah Provinsi Banten berhasil mengirimkan qori-qoriahnya di delapan cabang babak final.
 
Ketua LPTQ Provinsi Banten Syibli Sarjaya mengatakan, delapan cabang yang lolos ke final itu adalah cabang Musabaqoh Fahmil Qur’an atau cerdas cermat Al-qur’an (CCQ), kafilah Banten atas nama Hilman Hujaji, Muhhamad Fathi, dan Haris Abdul Majid berhasil lolos ke Final.

Meski harus berjuang dengan susah payah dengan Kafilah Sumatera Utara dan Kalimantan Selatan di babak semi final.
 
“Namun, hasil akhir, Banten alhamdulillah unggul dengan nilai 1.105, Sumatera Utara 995, dan Kalsel 690. Banten akan bertemu di final dengan Kafilah dari Aceh dan Papua Barat pada  hari Kamis besok,” kata Sybli, Rabu, (3/08/2016).
 
Syibli juga menerangkan selain cabang MFQ, Banten juga mengirimkan pesertanya yakni cabang MSQ atau Syarhil Putri atas nama Sarah Rizka Halila, Yayah Inayah, dan Shasha Widyasari ke babak final dengan raihan nilai 88,17.

Kemudian, di cabang MKQ Banten mengirimkan lima pesertanya di babak final yakni di MKQ golongan Kontemporer Putra atas nama Kurnia Agung Robiansyah, cabang MKQ golongan putra Mushaf atas Yusuf Firdaus Hasibuan MKQ Golongan Mushaf putri Niswa Juwita, MKQ golongan Dekorasi, MKQ golongan naskah atas nama putri Rahmawati.

“Ya kita sedang menunggu update terbaru mengenai nilai babak final cabang lainnya,” katanya.

Sementara itu, Pembina fahmil Quran Banten Wawan Wahyudin mengatakan, lomba yang berlangsung di gedung Bank Indonesia (BI) Mataram itu mempertemukan Banten, Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Sumatera Utara (Sumut).

"Ini pertemuan tiga 'musuh bebuyutan'. Wajar kalau daerah lain juga tertarik menyaksikan lomba ini," katanya.

Pertemuan tiga daerah ini menyedot perhatian sangat besar. Terbukti, aula BI yang luasnya 15x30 meter penuh sesak dengan pengunjung. Karena dipastikan akan menyedot perhatian pengunjung, bahkan Ketua LPTQ Banten Syibli Syarjaya merasa perlu mengerahkan sebagian oficial ke gedung BI. (humas/red)

berita terkait

Komentar