Tabel Angka Pengangguran oleh BPS Banten. (foto:TOPmedia)
Tabel Angka Pengangguran oleh BPS Banten. (foto:TOPmedia)

Kabupaten Serang Sumbang Jumlah Pengangguran Tertinggi di Banten

SERANG, TOPmedia - Kabupaten Serang adalah salah satu daerah yang menduduki peringkat pertama Tingkat  Pengangguran Terbuka (TPT) di Banten, dengan presentasi 10,65 persen.  
Padahal Kabupaten Serang, merupakan salah satu daerah yang dipenuhi dengan Industri raksasa. 

Bahkan berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang, tercatat 700 Industri raksasa yang terletak di Serang Barat dan Serang Timur.

Kadisnakers Kabupaten Serang, Setiawan mengatakan, dirinya tengah berupaya untuk mengentaskan pengangguran yang ada di Kabupaten Serang, dengan cara memberikan pelatihan kewirausahaan. Seperti, menjahit dan perbengkelan.

Tak hanya itu, masih kata Setiawan, Disnakertrans Kabupaten Serang membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK), dengan sebanyak 80 orang yang menyebar ke setiap sekolah SMA maupun SMK di Kabupaten Serang. 

"Masing-masing SMA maupun SMK kita hubungkan dengan BKK tersebut. Sehingga alumni maupun lulusan baru tidak kesulitan untuk mencari kerja," ungkap Setiawan saat di temui di ruang kerjanya, Rabu(6/11).

Diakhir pembicaraan, Setiawan juga mengelak, jika membengkaknya pengangguran di Kabupaten Serang adalah kesalahan Disnakertrans. "Saya kira, bukan semuanya kesalahan kami (Disnakertrans, Red). Tapi seluruh OPD harus ikutserta dalam membantu menurunkan pengangguran di Kabupaten Serang," tandasnya.

Diketahui, berdasarkan data dari Disnakertrans Kabupaten Serang. Tercatat melalui kartu kuning sampai dengan bulan Oktober 2019, terdapat 38 ribu pengangguran di Kabupaten Serang.

Sementara berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, Kabupaten Serang menduduki peringkat pertama dengan presentasi 10,65 persen. Di susul dengan Kota Cilegon, 9,68 persen, Kabupaten Tangerang, 8, 91 persen, Kabupaten Pandeglang 8,71 persen, Kota Serang, 8,08 persen, Kabupaten Lebak, 8,05 persen,  Kota Tangerang, 7,13 persen, dan Kota Tangerang Selatan, 4,79 persen. (TM3/Red).

berita terkait

Komentar