Kepala Biro Umum Setda Provinsi Banten, Siti Ma'ani Nina. (Foto: TOPmedia)
Kepala Biro Umum Setda Provinsi Banten, Siti Ma'ani Nina. (Foto: TOPmedia)

Kabiro Umum: Berita Makan Minum Gubernur Banten Rp9,6 M, Itu Salah!

SERANG, TOPmedia - Menanggapi berita di beberapa media tentang anggaran makan minum untuk gubernur Banten sebesar Rp 9,6 Miliar selama satu tahun. Kepala Biro Umum Setda Provinsi Banten, Siti Ma'ani Nina menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar.

Dijelaskan Nina, berita tersebut salah karena memang tidak ada sumber dana untuk anggaran makan minum gubernur banten di DPA. Adapun  anggaran makan minum dipergunakan untuk memfasilitasi unsur pimpinan daerah.

"Di DPA Biro Umum memang anggaran penyediaan makan minum, namun peruntukannya bukan untuk makan minum gubernur tetapi untuk memfasilitasi unsur pimpinan daerah.

Seperti saat unsur pimpinan menerima tamu, baik dari kabupaten dan kota, tamu provinsi atau tamu duta besar. Serta kegiatan rutin harian dilingkungan Setda Provinsi Banten yang terdiri dari delapan biro," ujar Nina, Kamis (18/08/2016).

Nina menyayangkan berita di bebera media yang menuliskan bahwa anggaran makan minum untuk gubernur banten sebesai Rp9,6 Miliar. Berita tersebut disebut Nina telah mencemarkan nama baik Pemerintah Provinsi Banten.

"Berita tersebut jelas mencemarkan nama baik Pemprov Banten, karena tidak dilandasi kebenaran dan tidak melakukan komfirmasi," ungkap mantan Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Banten ini.

Untuk diketahui, dalam foto yang diunggah oleh sebuah akun Facebook bernama Telefashion, tertera judul biaya makan minum gubernur banten sebesar Rp9,6 Miliar Per tahun.

Tautan tersebut langsung mendapat tanggapan dari facebooker yang terkejut dengan pemberitaan tersebut. Pada tautan tersebut juga dijelaskan secara rinci tentang biaya makan minum Gubernur Banten per harinya.

"Biaya makan minum gubernur Banten = Rp9,6 Miliar per tahun Rp9,6 Miliar : 365 hari = Rp26,3 juta/hari dengan asumsi 1 hari makan 3 kali (pagi, siang dan sore) maka biaya 1x makan = Rp8,7 juta.... WoW!. Makanan 1 porsi Rp8,7juta itu seperti apa ya...?," tulis pemilik akun Telefashion. (TM-1/Red)

berita terkait

Komentar