Komjen Budi Gunawan. (Foto: Net)
Komjen Budi Gunawan. (Foto: Net)

Kabar Tentang Budi Gunawan Jadi Kepala BIN Dibantah Komisi I DPR

JAKARTA, TOPmedia - Beredar rumor Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso bakal digantikan Komjen Budi Gunawan yang kini menjabat sebagai Wakapolri.

Surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun dikabarkan telah masuk ke DPR, untuk kemudian disampaikan dalam rapat paripurna DPR pada Selasa 23 Agustus 2016.

Informasi yang beredar menyebutkan, bahwa surat dari Setneg dikirim pada Jumat 19 Agustus 2016 sekira pukul 14.00 WIB.

Menanggapi rumor itu, Komisi I Fraksi PDIP Tb Hasanuddin mengaku, jika pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari ketua DPR tentang surat penunjukan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN, menggantikan Sutiyoso.

"jadi sampai hari ini kami belum dapat informasi, saya tidak tahu apakah nanti dalam paripurna ini akan dibacakan surat tersebut," ujarnya di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Menurutnya, jika nanti saat rapat paripurna di umumkan untuk pengangkatan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN, pihaknya akan melakukan uji kelayakan dan pertimbangan.

"Bukan persetujuan ya? tapi memberikan pertimbangan sesuai UU yang berlaku kepada bapak presiden melalui ketu DPR RI, itu yang sesuai ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

"Saya belum dapat informasi apakah disitu beliau atau yang lain, tetapi siapapun kami akan melakukan uji kelayakan dan nanti hasilnya kami berikan pertimbangan pertimbangan kepada beliau," pungkasnya. (Landy/red)

berita terkait

Komentar