Jika TPSA Cilowong Tampung 400 Ton sampah Dari Tangsel, Warga Sekitar Ajukan Syarat Ini!

SERANG, TOPmedia – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membuang 400 ton sampah per hari ke Kota Serang. Kerjasama persampahan itu pun sudah dilakukan MoU beberapa waktu lalu.

400 ton sampah per hari yang akan dikirim Tangsel nantinya akan di simpan di Tempat Pembuangan Sampah Ahir (TPSA) Cilowong, Kecamatan Taktakan.

Menanggapi hal tersebut Ridho Dinata yang merupakan perwakilan Aliansi Masyarakat Peduli TPSA Cilowong mengungkapkan pihaknya selaku warga meminta syarat yaitu kompensasi kepada mayarakat atas  kerjasama persampahan itu.

Kompensasi nantinya, sambung Ridho, tidak harus secara langsung diberikan kepada masyarakat. Langkah yang tepat, menurut dia, dengan melakukan pembangunan di Kecamatan Taktakan, terutama Kelurahan Cilowong dan Cibendung.

"Kompensasi itu bisa didistribusikan ke Kecamatan Taktakan, kemudian ke setiap kelurahan dengan melakukan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur," katanya kepada wartawan Senin (25/1/2021).

Selain itu, atas kerjasama persampahan Tangsel akan mengirim sampah 400 ton per hari. Pemkot Serang mengajukan dana sebesar Rp48 miliar kepada Tangsel.

Menurut Ridho, besaran anggaran yang diterima Pemkot Serang dapat menjadi peluang untuk menyelesaikan tata kelola persampahan di Kota Serang, salah satunya dengan mengaktifkan kembali Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R).

"Jadi selain dapat membangun infrastruktur, juga dapat menyelesaikan persoalan tata kelola persampahan," ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Serang, Syafrudin mengungkapkan ketika ada yang setuju dan tidak setuju di masyarakat sudah menjadi suatu kewajaran. Perjanjian itu pun, kata dia, akan ada kajian-kajian.

"Wajar namanya masyarakat ada pro dan kontra. Berdasarkan kajian-kajian nanti kalau nanti umpamanya membahayakan masyarakat buat apa kita," imbuhnya.

Padahal perjanjian kerjasama persampahan itu, dikatakan Syafrudin, dengan maksud untuk meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat,"Jadi kalau saya maksudnya disamping PAD naik masyarakat juga sejahtera," terangnya.

Kerjasama persampahan itu pun nantinya akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang dan DLH Kota Tangsel,"Jadi nanti perjanjian kerjasamanya dengan OPD," tandasnya.(Adi/Red)

berita terkait

Komentar