Antrian kendaraan di Pelabuhan Merak (Ilustrasi)
Antrian kendaraan di Pelabuhan Merak (Ilustrasi)

Jika Terjadi Antrian Panjang Saat Arus Mudik, Sistem One Way Akan Diberlakukan di Merak

SERANG, TOPmedia – Guna mencegah terjadinya antrian panjang diluar Pelabuhan Merak, saat arus mudik Dirlantas Polda Banten akan membuat rekayasa lalu lintas satu arah. Pemberlakukan one way, dari Gerbang Tol Merak hingga Cikuasa Atas.

Baca Juga

"Rekayasa one way ini akan kita lakukan melihat situational, (melihat panjangnya) antrian yang terjadi, kendaraan menuju Pelabuhan Merak," kata Kombes Pol Wibowo, Dirlantas Polda Banten, saat ditemui di Pelabuhan Merek, Kota Cilegon, Banten, Jumat (10/05/2019).

Kombes Pol Wibowo mengungkapkan, jika seluruh dermaga di Pelabuhan Merak telah penuh dan pemudik tidak terangkut dengan baik, maka antrian akan mengular. Upaya yang bisa dilakukan pihak kepolisian hanyalah menahan kendaraan pemudik di Jalan Cikuasa Atas, yang dijadikan sebagai kantung parkir. Namun jalan sepanjang 3,4km itu hanya mampu menampung 2 ribu kendaraan roda empat.

Rekayasa lalu lintasnya berupa pemberlakukan one way tersebut, lanjut Kombes Pol Wibowo, dari Gerbang Tol Merak hingga Cikuasa Atas, dijadikan kantung parkir. Sedangkan kendaraan yang keluar dari Pelabuhan Merak, di arahkan melalui jalur Cikuasa Bawah atau jalan arteri.

Kemudian kendaraan roda empat atau lebih, akan di arahkan masuk ke Gerbang tol Cilegon Barat. Lalu kendaraan roda dua, di arahkan mengikuti rambu petunjuk jalan untuk menuju Kota Serang hingga Tangerang dan Jakarta.

"Gerbang tol Merak akan Saya one way kan, khusus kendaraan keluar menuju Pelabuhan Merak," terangnya. (YDtama/Red)

berita terkait

Komentar