Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

Ironis, Disdukcapil Kota Serang Kekurangan Blanko e-KTP

SERANG, TOPmedia - Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang kekurangan blanko KTP Elektronik (e-KTP). Akibatnya sekitar 200 warga terancam tidak bisa membuat e-KTP.

Jumlah penduduk Kota Serang berkisar 429 ribu jiwa, sedangkan jumlah kartu e-KTP yang tersisa di Disdukcapil Kota Serang hanya ada sekitar 275 ribu keping.

"Berhubung blangko e-KTP dari kemendragi terbatas, kemungkinan besar sistem pembuatan E-KTP menjadi lama, bahkan kami tidak bisa membuatkan e-KTP kepada seluruh warga di Kota Serang, karena persediaan terbatas," ungkap Hudori, kepada TOPmedia, Selasa (23/08/2016).

Hudori mengaku bahwa pihaknya sudah mengajukan penambahan kartu e-KTP ke pusat, dan melaporkan  terkait kekurangan Blangko tersebut. Namun pemerintah pusat hanya memberikan 500 keping e-KTP.

"Kita sudah mengajukan ke pusat untuk meminta pertambahan blangko e-KTP dengan jumlah 10 ribu keping, namun hanya diberikan oleh pusat dengan jumlah blangko sekitar 500 keping saja, alasannya masih ada stok lama (tahun 2015,red)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa, Kemendagri menghimbau agar warga di Indonesia untuk segera melakukan perekaman e-KTP. Karena menurut Kemendagri, jik sampai akhir bulan September 2016 warga tidak memiliki e-KTP maka akan dikenakan sanksi berupa penonaktifan data kependudukan. (Gilang/red)

berita terkait

Komentar