Kasubag Kelembagaan dan Analisis Formasi Jabatan Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Kota Serang, Nafis Hanif.
Kasubag Kelembagaan dan Analisis Formasi Jabatan Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Kota Serang, Nafis Hanif.

Inilah 6 Motif Batik Untuk ASN Pemkot Serang

SERANG, TOPmedia - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan segera mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memakai pakaian batik khas Kota Serang. Bahkan sudah ditentukan akan ada 6 motif yang wajib dipakai untuk para ASN di Kota Serang.
 
Kasubag Kelembagaan dan Analisis Formasi Jabatan Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Kota Serang, Nafis Hanif mengatakan semua seragam pakaian dinas diseragamkan. Artinya mulai dari warna kaki harua sama untuk kedepan.
 
"Jadi tidak berbeda antara OPD, masuk juga didalam aturan bentuknya, polanya, termasuk sampai dari atas ke bawah misalnya dari peci, kerudung, baju, kaos kaki, celana, sepatu itu sudah diatur," katanya kepada wartawan di Kota Serang, Rabu (2/12/2020).
 
Nafis melanjutkan, untuk membedakan pangkat, golongan, kedepan juga ASN bakal terlihat. Seperti daerah lain misalnya, kata dia, Kabupaten Bandung yang sudah menggunakan.
 
"Mudah - mudahan tahun depan dilaksanakan di Kota serang," imbuhnya.
Menurut Nafis, Ini merupakan aturan baru dari Mendagri nomor 11 tahun 2020. Namun, sebelumnya sudah ada, tapi sudah dicabut dan ini terbaru.
 
"Dan kita akan langsung tindak lanjuti dengan Perwalnya. Tadi juga pak wali berpesan untuk menyeragamkan seragam ASN," ungkapnya.
 
Batik tersebut, dikatakan Nafis, batik asal Kota Serang, yang pernah di sayembarakan oleh Dindik dengan melibatkan akademisi dan tim lainnya dan sudah ditetapkan Wali Kota Serang.
 
Batik itu khas Kota Serang itu sendiri ada 6 motif yaitu batik bedug, batik sate bandeng, batik menara, batik alamadad, batik paduraksa, dan batik saung patok.
 
"Seperti ada motif bedug, saung patok. Kalau sesuai permendagri itu untuk batik Kamis dan Jumat," tandasnya. (Adi/Red)

berita terkait

Komentar