Acara sosialisasi tahapan pencalonan dalam pemilihan Gubernur dan Wagub Banten Tahun 2017 oleh KPU Provinsi Banten. (Foto: TOPmedia)
Acara sosialisasi tahapan pencalonan dalam pemilihan Gubernur dan Wagub Banten Tahun 2017 oleh KPU Provinsi Banten. (Foto: TOPmedia)

Ini Tanggal Pendaftaran yang Ditetapkan KPU Banten Bagi Cagub Jalur Parpol

SERANG, TOPmedia - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, mengadakan sosialisasi tahapan pencalonan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2017 di aula KPU Banten di Jalan Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (8/9/2016).

Acara sosialisasi tersebut membahas tentang jadwal masa pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang akan dimulai pada tanggal 21 September sampai 23 September 2016.

“Untuk pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur kita lakukan tiga hari, mulai dari tanggal  21-23 September 2016. Pendaftaran pasangan cagub lewat parpol lebih singkat dan verifikasinya juga dilaksanakan hanya lima hari,” kata Komisioner KPU Banten, Saiful Bahri usai melakukan rapat di Aula KPU Banten, Kamis (8/9/2016).

Saiful juga menegaskan, bahwa calon gubernur yang melalui parpol harus melakukan pendaftaran secara langsung di KPU Banten dan didampingi partai yang mendukung pasangan calon tersebut.

“Dalam pendaftaran di KPU harus secara langsung oleh calon Gubernur dan wakilnya. Tidak boleh diwakilkan dan juga harus didampingi oleh para koalisi parpol yang mengusungnya,” jelas Saiful.

Ditambahkan Saiful, persyaratan pencalonan bagi Cagub dan Cawagub yaitu harus mempunyai SK dari DPP masing-masing partai yang mengusungnya. Selain itu juga harus ada persetujuan dari koalisi parpol yang mengusung pasangan tersebut.

“Ada persyaratan pencalonan dan juga ada syarat calon. Syarat pencalonan salah satunya ada SK dari DPP Partai yang mengusung bakal Cagub, untuk menegaskan partai mengusung siapa, itu wajib ada. Berikutnya harus ada persejutuan koalisi dalam formulir Persetujuan Pengusungan Partai Politik (P4) serta tanda tangan bersamanya. Partai Politik yang mengusung pasangan Cagub Banten minimal mempunyai 17 kursi,” ungkap Saiful. (Gilang/Red)

berita terkait

Komentar