Ilustrasi. (Foto: Net)
Ilustrasi. (Foto: Net)

Ini Tanda-Tanda Taubat Seorang Muslim Diterima Allah SWT

TOPmedia - Sebagai manusia tentulah kita merupakan makhluk yang bergelimang dengan dosa. Alangkah baiknya kita taubat dan memohon ampun kepada Allah SWT agar bisa menjadi hamba yang lebih baik.

Namun tidak ada muslim yang dapat menjamin bahwa Allah SWT menerima taubatnya. Sebagai manusia kita hanya bisa selalu berharap agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita. Lantas adakah tanda-tanda taubat diterima?

Manusia tidak bisa mengetahui bahwa taubat diterima atau tidak, oleh sebab itu Allah SWT memerintahkan umatnya memperbanyak taubat. Dan Allah berjanji akan menerima taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh.

“Tidak ada satupun manusia yang mampu mengetahui bahwa Allah telah menerima taubatnya atau belum, sebagai manusia kita hanya bisa meminta ampun dan terus bertaubat kepadanya,” ujar Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadits ustadz Fauzan Amin.

Menurut ustad Fauzan Amin ada beberapa tanda-tanda taubat orang yang bersungguh-sungguh, yaitu :

1. Betul betul menyesali perbuatannya

Seorang muslim yang serius akan taubatnya, pasti menyesali semua perbuatannya yang salah dengan sangat serius. Dan mereka bertaubat dengan keyakinan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi untuk kedepannya.

2. Mengakui kesalahannya kepada Allah

Muslim yang bertaubat dengan serius akan mengakui kesalahannya kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh.

3. Salat taubat

Salat taubat dilakukan oleh hamba yang sangat serius dalam melakukan taubatnya.

4. Tidak mengulangi kesalahan

Seorang hamba yang benar-benar taubat, akan bertekad untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

Sebuah ayat juga menjelaskan bagaimana orang-orang yang benar-benar sungguh dalam melakukan taubatnya, ayat tersebut adalah surat At-taubah ayat 112 yang berbunyi :

ٱلتَّٰٓئِبُونَ ٱلۡعَٰبِدُونَ ٱلۡحَٰمِدُونَ ٱلسَّٰٓئِحُونَ ٱلرَّٰكِعُونَ ٱلسَّٰجِدُونَ ٱلۡأٓمِرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَٱلنَّاهُونَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَٱلۡحَٰفِظُونَ لِحُدُودِ ٱللَّهِۗ وَبَشِّرِ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ ١١٢

“Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku´, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma´ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.” (QS at-Taubah : 112)

“Orang-orang yang diterima taubatnya akan merasakan beberapa hal yang berubah dikehidupannya, mereka akan merasakan hidup yang semakin tentram, semakin sering bersyukur dan mereka juga akan selalu rindu untuk melakukan amalan sholeh,” tambah ustad Fauzan Amin.

Jika seseorang benar-benar melakukan taubat dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan senantiasa menerima taubatnya. Oleh sebab itu ketika Anda sadar telah melakukan dosa baik disengaja maupun tidak disengaja walaupun itu dosa kecil makan cepat-cepatlah melaksanakan taubat.

إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِنْ قَرِيبٍ فَأُولَٰئِكَ يَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ ۗ :

“Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

 

Sumber: Okezone.com

berita terkait

Komentar