Warga Banten Selatan meriahkan hari kemerdekaan dengan pawai berjalan kaki. (Foto: TOPmedia)
Warga Banten Selatan meriahkan hari kemerdekaan dengan pawai berjalan kaki. (Foto: TOPmedia)

Ini Cara Warga Pandeglang Meriahkan Hari Kemerdekaan

PANDEGLANG, TOPmedia - Dalam memperingati Hari Kemerdekaan, berbagai daerah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing untuk merayakannya. Salah satunya di wilayah Banten Selatan, tepatnya di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Ribuan warga 'Penghuni Taman Nasional Ujung Kulon', tempat konservasi badak bercula satu ini memeriahkan hari kemerdekaan dengan pawai berjalan kaki menggunakan seragam dan hiasan sedemikian rupa agar terlihat menarik. Iringan musik drum band dari para siswa pun menambah kesemarakan pawai tersebut.

"Pawai dari alun-alun lapangan Ahmad Yani, muter ke Pasar Labuan, finish di Hotel Rizqi," kata AKP Agus Subardi, Kanit Lantas Polsek Labuan, yang sedang mengatur arus lalu lintas di lokasi pawai, Rabu (17/08/2016).

Tak kalah menarik dari acara pawai tersebut, penonton yang didominasi Ibu-ibu dan anak-anak itu bahkan tak segan-segan membawa tikar dan bekal dari rumahnya, seolah-olah pawai tersebut dijadikan ajang rekreasi gratis bagi warga.

"Ini udah merupakan tradisi tiap tahun mas. Makin ke sini makin meriah," terangnya.

Ditambahkan Agus,  pawai tersebut melibatkan sebanyak 50 sekolah dari berbagai tingkatan, 22 pemerintah, hingga masyarakat umum, "Pada pelaksanaan pawai kita tutup total (akses jalan), setelah selesai baru kita buka. Kendaraan besar dari kemarin sudah libur dan sudah kita kasih edaran," tegasnya. (Yan/red)

berita terkait

Komentar