Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

Ini Bahaya Kebanyakan Minum Air Putih, Ngeri!

TOPmedia - Mungkin Anda sudah banyak mendengar pepatah yang menyebutkan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Nah, ternyata hal itu juga berlaku dalam hal ini.

Dalam asupan air yang masuk ke tubuh, ternyata juga tidak baik. Meskipun dalam faktanya minum air putih dapat mengatasi dehidrasi yang berakibat fatal, namun berlebihan juga bukan hal yang bagus. Ada beberapa kasus ekstrem yang ternyata disebabkan oleh kebanyakan minum air putih.

Berikut ulasannya, mengapa kita tidak boleh mengonsumsi air putih banyak-banyak.

1. Berisiko pada ginjal
Anda akan melihat adanya peningkatan frekuensi kencing jika kebanyakan minum air putih. Secara ilmiah, jika Anda buang air kecil berlebihan maka ginjal pun harus bekerja banyak untuk menstabilkan sistem Anda.

Apabila meminum banyak air tanpa istirahat yang tepat, darah dalam tubuh Anda menjadi encer dan ginjal tidak dapat menyaring sampah dengan baik untuk menjaga keseimbangan natrium.

Efeknya adalah menyebabkan kelelahan, mual, dan jelas sering buang air kecil.

2. Berbahaya pada jantung
Jika Anda minum air terlalu banyak dari yang seharusnya, maka hal itu akan melampaui total volume Anda. Peningkatan volume darah secara teratur dapat memberikan tekanan yang bisa membahayakan jantung dan juga pembuluh darah.

Kemungkinannya ada dua, kebocoran pembuluh darah atau penyumbatan pembuluh darah. Tentu Anda tidak akan memilih dua-duanya, bukan?

3. Mempengaruhi sistem peredaran darah
Jika Anda minum terlalu banyak air sekaligus, maka hal itu dapat mencairkan cairan tubuh. Tingkat natrium dalam tubuh bisa menjadi sangat rendah dan mengakibatkan sel-sel Anda membengkak. Bahkan bisa membuat sel-sel otak Anda bengkak dan dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, kejang, atau kasus terburuk adalah koma.

So, jangan terlalu banyak, ya!

 

 

 

Sumber: www.merdeka.com

berita terkait

Komentar